Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Lampu Crystal Chandelier Untuk Ruangan Yang Elegan Dan Artistik

Lampu crystal chandelier merupakan sumber cahaya yang sebenarnya fungsi utamanya adalah dekorasi untuk meningkatkan kualitas ruang secara keseluruhan karena memiliki nilai seni sehingga estetika ruangan tampil lebih indah, elegan, dan artistik. Umumnya Crystal chandelier dipasang di teras, foyer, ruang tamu, ruang keluarga, hingga ruang makan serta lobby dan ballromm hotel. Bentuk crystal chandelier yang mewah sering membuatnya menjadi focal point atau fokus utama desain pada ruangan.

Pada zaman dahulu material crystal berasal dari batu alam yang disebut crystal light yang berwarna putih bening, putih susu, kehijau-hijauan atau ametis yang digosok dan dipotong. Tetapi karena material tambang crystal sudah menipis, proses pembuatannya lama, dan harganya sangat mahal, akhirnya muncul material crystal glass yang terbuat dari dari komposisi pasir silika, kaolin serta bahan-bahan lain yang ditambah unsur timah hitam (PbO), dipanaskan pada suhu minimal 1000 derajat, dicetak, dan didinginkan, kemudian dipotong lalu dipoles sehingga menjadi berkilau. 

Crystal glass yang merupakan material hampir semua lampu kristal berkualitas yang ada di pasaran bisa tergores karena semakin berkilau yang berarti banyak kandungan PbO di dalamnya, crystal glass semakin lunak. 

Lampu Crystal Chandelier

Apa yang perlu diperhatikan dalam memilih lampu crystal chandelier? 

Sesuaikan dengan desain rumah anda. Apakah rumah anda menggunakan gaya klasik atau modern minimalis? Meski umumnya crystal chandelier digunakan untuk ruangan bergaya klasik, tetapi tidak menutup kemungkinan digunakan untuk digunakan pada ruangan bergaya modern selama masih cocok dan sesuai dengan desain keseluruhan ruangan tersebut.

Sesuaikan dengan ukuran ruang, luasan dan ketinggian plafon. Pilihlah ukuran yang pas, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Jangan sampai anda memilih ukuran chandelier yang terlalu besar untuk ruangan yang tidak terlalu luas, apalagi berplafon rendah karena akan semakin membuat suasana ruang semakin terkesan sempit dan sesak.

Jangan lupakan tambahan perkuatan struktur penggantung. Karena untuk chandelier berukuan besar tentunya juga tidak ringan dan belum tentu bebannya dapat dipikul oleh rangka plafon atau pun rangka atap. Pernah kami jumpai ada sebuah rumah tinggal yang menggunakan rangka atap baja ringan dimana tidak memperhitungkan beban untuk lampu chandelier di rumahnya, sehingga perlu ditambah perkuatan dari baja profil dobel UNP sebagai penggantung lampu.

Untuk rangka atap baja ringan sendiri sudah pernah kami ulas dalam artikel sebelumnya tentang Kupas Tuntas Rangka Atap Baja Ringan.

Perhatikan juga bola lampu yang akan dipasang pada chandelier. Jika fungsinya sebagai sumber cahaya utama (general light), maka kita perlu memasang bola lampu yang cukup terang. Tetapi jika chandelier hanya berfungsi sebagai dekorasi atau lampu aksen, bisa dipilih bola lampu yang tidak terlalu terang, atau bisa juga menggunakan dimmer untuk mengatur terang-gelap pijaran cahaya chandelier.

Berapa harga lampu crystal chandelier?

Harga lampu jenis ini hampir tidak ada patokan yang pasti karena tergantung dari kerumitan desain, ukuran, serta jenis materialnya.  Kisaran harganya bisa dari harga jutaan sampai ratusan juta. Untuk membeli crystal chandelier ini kita sebaiknya membeli di tempat yang terpercaya karena material crystal (crystal glass) banyak yang palsu dari plastik, akrilik, gelas, gelas dicampur timah hitam dan lain-lain.  Ada pun crystal glass yang asli juga memiliki kadar PbO bermacam-macam dari 0-35%.

Demikian sedikit informasi tentang lampu crystal chandelier untuk ruangan yang elegan dan artistik yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda.

Back To Top