Apa itu Hospital Plint Keramik?

Hospital Plint, Sudut Lengkung Pertemuan Dinding Dan Lantai
Hospital Plint, Sudut Lengkung Pertemuan Dinding Dan Lantai
Rumahmateril.com - Plint lantai merupakan salah satu pekerjaan lantai bangunan yang hampir pasti ada di segala jenis bangunan. Biasa material plint lantai menyesuaikan dengan jenis material penutup lantai yang digunakan. 

Jika penutup lantai menggunakan materil keramik tile maka umumnya plint lantai juga menggunakan mterial yang sama.

Apa itu plint lantai? Untuk menjawab pertanyaan itu silahkan simak artikel rumahmaterial.com sebelumnya tentang Mengenal Plint Lantai, Border, Dan Step Nosing.

Untuk bangunan dengan tingkat higienis yang tinggi seperti rumah sakit dan laboratorium material plint lantai keramik tidak sama dengan yang digunakan pada bangunan biasa seperti rumah tinggal dan perkantoran. Mengapa demikian? 

Hal itu adalah karena benar-benar harus bersih dan higienis, biasanya menggunakan plint lantai yang membentuk lengkungan atau biasa disebut hospital plint sehingga tidak ada sudutan yang berbentuk siku.

Hospital plint akan membentuk pertemuan dinding dan lantai dalam radius lengkung untuk mencegah kotor pada sudut-sudut lantai, khususnya di area dapur, proses bahan baku, kamar mandi & toilet yang harus selalu bersih.

Selain itu juga untuk memenuhi standar higienis, pada pabrik pengolahan bahan makanan & minuman dan industri farmasi. Kadang hospital plint juga digunakan pada pojok bawah kolam renang agar kotoran mudah diambil.

Intinya dengan menggunakan hospital plint dengan pertemuan lantai dan dinding yang melengkung akan sangat menjaga kebersihan karena lebih mudah dibersihkan dan kotoran tidak menempel pada sudutan pertemuuan dinding dan lantai.

Biasa hospital plint keramik dihitung dalam satuan m' sekeliling ruangan. Dari sisi harga material hospital plint keramik tentunya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga material plint keramik biasa.

Sebagai contoh dari info yang kami dapatkan, untuk 1 keping (panjang 30 cm) hospital plint salah satu merek berharga Rp. 45.000 / bh, maka untuk 1 m' yang membutuhkan 3,33 bh untuk materialnya saja sekitar Rp. 45.000 / bh x 3,33 bh = Rp. 149.850,-. 

Harga tersebut belum termasuk upah pasang dan adukan. Cukup mahal bukan?

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang hospital plint keramik, semoga bemanfaat bagi anda...!

2 komentar untuk "Apa itu Hospital Plint Keramik?"

  1. kami sedang mencari2 supplier yg jual plint ini..ada rekom ndak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung hospital plint dari bahan apa...ada merek Efplin dari bahan fiber resin, bisa kontak websitenya di https://plinlantai.com...ada merek radiza dari bahan keramik, bisa kontak websitenya di https://hospitalplint.com...dari Roman ceramic juga sepertinya ada...

      Hapus