Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Pembongkaran Eksisting Sebelum Renovasi

Pekerjaan pembongkaran adalah salah satu jenis pekerjaan yang dilakukan pada awal pelaksanaan pekerjaan renovasi. Pekerjaan bongkaran eksisting harus jelas batasannya dan dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak area yang tetap akan dipertahankan.

Untuk material bekas bongkaran juga harus jelas apakah akan menjadi hak yang membongkar atau diserahkan kepada pemilik. Kadang untuk material tertentu yang mungkin masih terhitung berharga seperti kusen dan daun pintu, kaca, sanitary, AC, kabel, besi, dan lain-lain harus diserahkan kepada pemilik. Untuk itu pelaksanaan pembongkaran harus dilakukan dengan lebih hati-hati dan mungkin membutuhkan biaya upah bongkar yang tidak sedikit. 

Bongkaran dinding bata
Bongkaran dinding bata
Akan tetapi berbeda jika ternyata hasil bongkaran menjadi hak yang membongkar, maka bisa langsung dibuang atau dijual lagi material bekas bongkaran. Kadang ada pihak jasa pemborong bongkaran bangunan, mereka malah akan menaksir nilai borongan dan membeli / membayar kepada pemilik bangunan. Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya upah pembongkaran malah jadi menjual material bongkaran dan mendapatkan uang tetapi tergantung dari perjanjian awalnya juga.

Pernah misalnya ada pagar besi yang akan dibongkar, pemborong spesialis bongkaran akan memborong pekerjaan bongkaran tersebut tanpa biaya tetapi material besi ex. bongkaran mejadi hak mereka. Biasanya itu untuk pekerjaan bongkar total agak susah dalam batas-batasnya jika ternyata pekerjaan bongkaran tidak total seluruhnya.

Untuk pekerjaan renovasi biasanya menggunakan sistem borongan keteng untuk pekerjaan bongkaran misal bongkaran dinding bata, dinding partisi, plafond dihitung dalam satuan m2, demikian juga bongkaran penutup lantai dan dinding dihitung juga dalam satuan m2. Untuk pintu jendela biasanya dihitung dalam satuan unit yang harga upah bongkarnya tergantung dari ukuran masing-masing jenis pintu dan jendela.

Untuk pekerjaan bongkaran pada proyek renovasi selain biaya upah bongkaran perlu diperhitungkan juga biaya pembersihan lokasi dan pengangkutan material bekas bongkaran dan pembuangan ke luar lokasi proyek. Kadang pengangkutan dan pembuangan material bekas bongkaran dihitung dalam satuan rit.

Back To Top