Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Mengenal Jendela Aluminium Kaca

Jendela aluminium kaca merupakan jenis jendela yang banyak digunakan untuk berbagai macam jenis bangunan, mulai rumah tinggal, perkantoran, dan lain-lain. Jendela ini menggunakan material aluminium sebagai kusen dan daun jendela serta kaca sebagai bidang jendelanya.

Ada Berapa Macam Jenis Jendela Aluminium Kaca?

Dari sisi proses membuatnya jendela aluminium kaca terbagi menjadi dua macam yaitu menggunakan material aluminium ekstrusi yang dirakit di lapangan dan yang dirakit di pabrik (finished good) dan tinggal dipasang saja di lapangan.

Sedangkan dari sisi jenisnya jendela aluminium secara umum terdiri tiga macam dari yaitu jendela aluminim kaca mati, jendela aluminium kaca jungkit (arah bukaan didorong ke luar), jendela aluminium kaca sliding (arah bukaan didorong ke samping). Intinya jendela kaca mati tidak bisa dibuka tutup sedangkan jendela jungkit dan sliding bisa dibuka tutup.
Kombinasi Jendela Aluminium Jungkit dan Jendela Kaca Mati
Kombinasi Jendela Aluminium Jungkit dan Jendela Kaca Mati

Apa Saja Jenis Material Yang Digunakan?

Material aluminium yang digunakan untuk kusen bisa ukuran 4” atau 3” dengan finishing anodised atau powder coating sesuai dengan desain yang ditentukan. Selain ukuran dan finishing jangan lupa ketebalan aluminium juga sangat berpengaruh terhadap harga.

Ketebalan profil aluminium yang sering digunakan berkisar dari 1,25 mm, 1,35 mm, dan 1,45 mm tetapi kembali lagi mana yang mau dipakai semua menyesuaikan dengan desain yang ditentukan oleh perencana.

Sedangkan material kaca umumnya menggunakan kaca clear biasa dengan ketebalan sekitar 5 mm atau 6 mm menyesuaikan dengan ukuran jendela. Jika jendela berukuran besar mungkin memerlukan kaca yang lebih tebal lagi.

Ada juga yang menggunakan kaca tempered untuk jendela aluminium untuk menjamin keamanan tetapi tentunya harganya lebih mahal. Jangan lupa simak artikel kami sebelumnya tentang Mengenal Material Kaca Tempered.

Apa Kelebihan Jendela Aluminium Kaca?

Ada beberapa kelebihan jendela aluminium kaca antara lain : kuat tetapi ringan, tidak muai susut atau melengkung karena perubahan cuaca, tahan air, warnanya bertahan lama, bebas masalah rayap, mudah dan cepat pemasangannya

Untuk penjelasan lebih lanjut silahkan simak artikel rumahmaterial.com sebelumnya yang berjudul Ini Dia 8 Kelebihan Kusen Aluminium.

Bagaimana Perhitungan Harganya?

Untuk perhitungan harga pekerjaan jendela aluminium kaca tergantung dari jenisnya. Misalnya untuk jendela kaca mati tentunya kita cuma memperhitungkan harga kusen aluminium terpasang dan luas kaca terpasang yang digunakan.

Sedangkan untuk jendela jungkit dan sliding kita harus juga memperhitungkan harga pembuatan daun jendela dan hardwarenya. Untuk jendela jungkit menggunakan engsel jungkit (casement) dan handle sedangkan untuk jendela sliding hardwarenya menggunakan kunci jendela sliding.

Demikian sedikit ulasan tentang jendela aluminium kaca yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda. 

Back To Top