Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Lokasi Menentukan Harga Material Dan Upah Tukang

Bagi yang bergerak di bidang kontraktor bangunan terutama yang berasal dari Jakarta pasti pernah merasakan bahwa harga material / bahan bangunan dan upah tukang untuk daerah satu dengan yang lain bisa berbeda. Untuk material atau bahan bangunan yang paling terasa bedanya adalah material alam, seperti semen, pasir, batu kali, batu pecah / batu split, kayu, multipleks, dan lain-lain.

Untuk material alam juga bisa bervariasi tergantung jenis materialnya bisa lebih murah atau lebih mahal jika acuan kita terhadap harga di Jakarta. Sebagai contoh menurut info rekan kami yang pernah terlibat dalam suatu proyek di Pekanbaru, Riau, untuk material kayu dan semen harga masih tidak berbeda jauh, untuk material pasir harganya lebih murah, tetapi untuk material batuan seperti batu kali dan batu pecah / batu split harganya jauh lebih mahal.

Karena harga batu pecahnya mahal secara otomatis harga beton readymix di wilayah tersebut juga mahal. Besi beton juga lebih mahal harganya. Sehingga secara keseluruhan untuk biaya pekerjaan struktur beton bertulang di Pekanbaru  akan lebih mahal jika dibandingkan dengan pekerjaan yang sama di Jakarta.

Pasir Hitam

Hal tersebut dapat disebabkan oleh langkanya pasokan material alam di wilayah itu atau memang daerah itu tidak menghasilkan suatu material alam sehingga harus didatangkan dari daerah lain. Sama halnya untuk material pabrikan yang diproduksi di Jakarta maka akan ada tambahan biaya transportasi pengiriman / ekspedisi sehingga pasti juga berbeda harganya.

Sedangkan untuk upah tukang, misalnya asalnya dari jawa tengah akan mengerjakan proyek di Pekanbaru tentunya akan meminta upah harian yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan proyek di Jakarta. Biaya hidup yang lebih tinggi menjadi alasan mereka meminta harga upah yang berbeda, selain itu biaya transportasi mereka juga harus ditanggung. 

Itulah kira-kira salah satu alasan mengapa harga material bahan bangunan dan upah tukang bisa berbeda antara daerah satu dengan yang lain. Semoga bermanfaat...!

Back To Top