Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Mengenal Partisi Moveable / Sliding Walls

Partisi Moveable (Moveable Partition) atau Sliding Walls atau sering disebut juga partisi lipat atau partisi geser adalah penyekat ruang / partisi yang digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan ruang dengan cara membagi ruangan yang besar menjadi beberapa ruangan lebih kecil secara tidak permanen dalam waktu yang singkat. Partisi ini berupa panel-panel berukuran dengan tebal 50 mm, 65 mm, atau 100 mm (tergantung dari tipe dan merek produknya) dan lebar 50 cm sampai 120 cm (tergantung dari lebar ruangan yang ada dan pembagian jumlah panel partisi) dengan tinggi sampai plafond ruangan. Jika akan menggunakan ruangan berukuran besar maka partisi moveable akan dilipat dan disimpan dalam box panel, sedangkan jika ingin membagi ruangan menjadi beberapa ruangan yang lebih kecil maka partisi moveable dapat digeser dan dipasang.

Partisi Moveable / Sliding Wall
Partisi Moveable / Sliding Wall Di Salah Satu Hotel
(Sumber : sandei.co.id)
Partisi moveable sering digunakan di ballroom hotel, banquet hall, ruang rapat (meeting room), convention center, ruang kelas (class room), restoran, dan lain-lain. Material panel partisi moveable biasa terdiri dari rangka kayu, glasswool sebagai insulasi, aluminium profile, dan pilihan panel MDF atau partikel board untuk sisi luarnya, sedangkan untuk finishing permukaan akan menyesuaikan dengan desain interior yang diinginkan misalnya seperti finish cat, wallpaper, vinyl, carpet, kain fabric, HPL (High Pressure Laminated), atau mungkin veneer kayu.

Kelebihan menggunakan partisi moveable antara lain adalah praktis, mudah dan cepat pemasangannya, optimalisasi ruang sesuai kebutuhan, material finishing dapat menyesuaikan dengan desain interior, dan material insulasi dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kedap suara yang diinginkan. Sedangkan kekurangannya mungkin pada harganya yang relatif mahal jika dibandingkan dengan partisi dinding permanen seperti pasangan dinding bata ringan atau pun partisi dinding semi permanent seperti partisi gypsum rangka metal stud.

Tipe Stacking Partisi Moveable
Tipe Stacking Partisi Moveable
(Sumber : Brosur Partisi Moveable Smart Sliding Wall)
Untuk harga partisi moveable sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain :
  1. Ketinggian plafond, karena tinggi partisi moveable full sampai plafond. Misalnya terbagi menjadi 2 bagian, untuk tinggi di bawah 4 meter atau di atas 4 meter atau sesuai ketentuan masing-masing supplier merek produknya.
  2. Sistem partisi yang digunakan apakah center stacking, ordinary stacking, paralel stacking, atau induction stacking.
  3. Perlu atau tidaknya struktur penggantung (misalnya tidak ada dak beton di atas plafond).
  4. Perlu atau tidaknya dibuatkan box penyimpan partisi.
  5. Lokasi pemasangan yang berhubungan dengan biaya mobilisasi dan demobilisasi tenaga kerja, material, dan alat.
Sedapat mungkin pilihlah partisi moveable yang bermutu baik dan memiliki after sales service yang baik untuk menghindari terjadinya masalah di kemudian hari seperti rel partisi yang macet dan roda yang rusak serta suara masih terdengar dari ruangan yang terbagi (kurang kedap suara).

Back To Top