Car Stopper Beton Precast Pada Area Parkir

Car Stopper Area Parkir

Rumahmaterial.com – Car stopper atau sering disebut juga wheel stopper merupakan salah satu material penting yang ada di area parkir mobil bangunan publik, seperti di mall, sekolah, kantor, dan berbagai macam jenis bangunan publik lainnya.

Car stopper berfungsi untuk menahan ban mobil agar tidak melewati batas area parkir. 

Dengan adanya car stopper ini akan memudahkan mobil untuk parkir dengan rapi dan dapat menambah keamanan saat parkir agar tidak menabrak dinding atau kendaraan yang ada setelah batas car stopper tersebut.

Ada beberapa macam material yang sering digunakan sebagai car stopper yaitu pipa besi, bantalan karet, dan beton precast.

Saat ini car stopper beton precast sepertinya yang paling banyak digunakan untuk area parkir. Selain karena memiliki kekuatan yang tinggi, tidak mudah rusak, tahan lama, car stopper beton precast juga relatif murah.

Car stopper beton precast biasa disebut juga kanstin car stopper.

Ketinggian car stopper harus cukup dan tidak berlebihan. Car stopper jangan sampai terlalu tinggi, umumnya tinggi car stopper sekitar 10 sampai 20 cm dari permukaan area parkir. Mengapa demikian?

Hal itu adalah karena jika car stopper itu terlalu tinggi maka akan berisiko mengenai bagian baah mobil atau bemper mobil yang akan parkir.

Untuk tiap 1 unit parkir mobil umumnya dibutuhkan 2 unit car stopper beton precast. Jarak antara masing-masing car stopper sekitar 60 sampai 70 cm untuk material car stopper dengan panjang 60 cm.

Jarak antara masing-masing car stopper akan menyesuaikan dengan ukuran car stopper dan jarak antara roda kendaran / mobil.  

Umumnya di pasaran car stopper berkualitas baik terbuat dari beton precast yang diproduksi dengan mutu beton minimal K-350 dengan ukuran p x l x t sekitar 60 cm x 15 cm x 20 cm dan 60 cm x 15 cm x 15 cm.

Sedangkan jarak car stopper ke batas area parkir minimal 85 cm, untuk menghindari kendaraan menabrak sesuatu misalnya dinding di belakang area car stopper tersebut. 

Car Stopper Beton Precast

Agar tidak mudah terlepas karena dorongan ban kendaraan, sebagai perkuatan biasa car stopper menggunakan angkur atau dynabolt 16 mm sebanyak 2 titik untuk 1 unit car stopper.

Bagaimana perhitungan biaya untuk car stopper beton precast? 

Untuk volume pekerjaan car stopper beton precast tinggal menghitung kapasitas area parkir mobil itu disediakan untuk berapa unit mobil. Setelah itu dikali 2 karena untuk tiap 1 unit parkir mobil membutuhkan 2 unit car stopper.

Untuk harga satuan pekerjaan car stopper terdiri dari material kanstin car stopper, angkur/dynabolt, cat untuk finishing, alat bantu, dan upah kerja. 

Seperti pada umumnya, total biaya pekerjaan car stopper adalah jumlah perkalian volume pekerjaan dan harga satuan pekerjaan car stopper tersebut.

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang car stopper beton precast, semoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Car Stopper Beton Precast Pada Area Parkir"