Mengenal Plat Bordes / Checkered Plate

Plat Bordes / Checkered Plate

Rumahmaterial.com – Plat bordes atau sering disebut juga checkered plate merupakan jenis plat baja yang memiliki motif timbul berbentuk kembang atau cakar ayam pada permukaannya.

Motif timbul tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya tahan terhadap beban dan juga sebagai anti slip agar permukaaan plat bordes tidak licin.

Pada proyek konstruksi baja, plat bordes / checkered plate ini sering digunakan sebagai material plat lantai dan plat pijakan pada tangga baja. 

Berapa Ukuran Plat Bordes Yang Sering Digunakan? 

Untuk plat lantai pada bangunan konstruksi baja umumnya digunakan plat bordes ketebalan 5 mm sampai 6 mm, yang dibawahnya diberi rangka profil UNP 100 setiap jarak 60 cm.

Sedangkan untuk plat lantai pijakan tangga baja, untuk plat bordesnya sama sekitar ketebalan 5 mm sampai 6 mm tetapi di bawahnya menggunakan rangka  profil siku 50x50x5 mm.

Sebenarnya Apa Saja Kelebihan Material Plat Bordes?

Penggunaan material plat bordes memiliki beberapa kelebihan antara lain :
  • Kuat tetapi dengan bobot yang ringan jika dibandingkan dengan plat lantai beton, sehingga tidak membebani bangunan. 
  • Permukaan tidak licin, sehingga lebih aman untuk beraktivitas.
  • Pemasangannya mudah dan cepat, bisa dengan sistem baut maupun las.
  • Sebagai elemen dekoratif karena memiliki motif timbul dengan pola yang menarik.

Bagaimana Cara Menghitung Volume Plat Bordes?

Seperti plat lantai pada umumnya plat bordes dapat dihitung dalam luasan dengan satuan m2 atau dalam berat dengan satuan kg.

Pada intinya kita harus tahu berapa luas plat lantai untuk menghitung volume pekerjaan dalam BQ dan jumlah kebutuhan plat bordesnya.

Di pasaran umumnya plat bordes tersedia dalam satuan lembar ukuran 4’x8’ atau sekitar 1,22 x 2,44  m. Untuk keperluan perhitungan, berat plat bordes dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Tabel Berat plat Bordes

Tebal (mm) Ukuran lembar (feet) Berat (kg/lembar)
2,3 4'x 8' 59
3 4'x 8' 75
3,2 4'x 8' 79,6
4 4'x 8' 98,5
4,5 4'x 8' 110
5 4'x 8' 122
6 4'x 8' 145
8 4'x 8' 192
9 4'x 8' 215

Bagaimana jika tidak ada tabel di atas?

Biasa untuk plat hitam / polos kita dapat dengan mudah menghitung berapa kg berat per m2 dengan cara mengalikan ketebalan plat dengan BJ Baja yaitu 7.850 kg/m3.

Jadi cara mudahnya untuk plat baja polos beratnya per m2 adalah 7,85 kg per mm. Misalnya plat baja tebal 5 mm, maka beratnya = 5 x7,85 kg = 39,25 kg/m2. 

Tetapi untuk plat bordes / chekered plate berbeda, kita perlu menambahkan lagi 5 kg /m2, karena ada motif plat yang timbul. Misalnya plat bordes tebal 5 mm, maka beratnya = 5 x7,85 kg = 39,25 kg/m2 + 5 kg/m2 = 44,25 kg/m2. 

Perhitungan di atas merupakan pendekatan saja untuk cara mudahnya sehingga hasilnya  mungkin akan sedkit berbeda dengan berat pada tabel berat plat bordes per lembar di atas.

Simak juga artikel tentang Mengetahui Berat Profil BajaTanpa Tabel Baja

Kesimpulannya, plat bordes / checkered plate merupakan elemen penting dalam konstruksi baja yang menyatukan kekuatan, daya tahan, dan estetika. 

Dengan berbagai aplikasinya dalam industri konstruksi, plat bordes terus menjadi pilihan yang unggul untuk memenuhi tuntutan proyek-proyek modern. 

Keamanan yang diberikan oleh permukaan bermotif timbul, bersama dengan kekuatan strukturalnya, menjadikan plat bordes sebagai elemen tak tergantikan dalam membangun bangunan yang kokoh dan tahan lama.

Posting Komentar untuk "Mengenal Plat Bordes / Checkered Plate"