Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Meja Beton Wastafel, Apakah Itu Dan Bagaimana Cara Perhitungan Biayanya?

Wastafel merupakan produk sanitary yang digunakan untuk mencuci tangan. Ada tipe wastafel gantung dan ada juga tipe wastafel yang dipasang dengan meja wastafel yang terbuat dari beton.

Sebenarnya untuk meja wastafel ini ada juga yang langsung menggunakan granit alam dipasang kering dengan rangka besi siku tetapi dari sisi harga jatuhnya akan lebih mahal dan risiko karatan pada besi sikunya. 

Pada kesempatan ini rumahmaterial.com akan membahas tentang meja wastafel dari beton. Meja beton wastafel umumnya berukuran lebar sekitar 60 cm dengan tebal 10 cm, untuk panjangnya menyesuaikan dengan kebutuhan.

Ada meja beton wastafel yang menggantung, ada juga yang menggunakan kaki atau dudukan dari pasangan dinding.


Karena tidak bersifat struktural, umumnya untuk membuat meja beton wastafel menggunakan adukan beton sitemix atau mungkin beton instan dengan mutu beton K175 dan satu lapis tulangan besi 10-150.

Meja Beton Wastafel Lapis Granit Alam

Meja Beton Wastafel biasa difinish dengan top table granit alam, meski kadang ada juga yang menggunakan finishing top table marmer, keramik tile, homogenous tile, maupun solid surface. Semua itu tergantung dari ketersediaan biaya, peruntukan, dan desain arsitekturnya.


Dalam penyajian item pekerjaan ada yang menghitung volume meja wastafel jadi termasuk finish top table granit dalam satuan panjang atau m’ tetapi ada juga yang memisahkan item pekerjaan beton dengan volume dalam satuan m3 dan item pekerjaan top table granit dalam satuan m’.

Untuk top table granit jika sampai dihitung dalam satuan luas atau m2 harga satuannya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan pasangan granit untuk lantai dan dinding. Bagaimana bisa begitu?

Hal tersebut adalah karena untuk membuat top table wastafel harus diperhitungkan juga pembuatan lubang wastafel dan kran air pada granit serta pinggulan (lengkung) pada sudutannya.


Sebagai contoh misalnya kita akan membuat meja beton wastafel dengan ukuran lebar 60 cm, tebal 10 cm, dan panjang 2 m dengan finish granit, bagaimana analisa perhitungan harganya?

Analisa perhitungan harga mejabeton wastafel untuk contoh di atas dapat kita uraikan sebagai berikut :

No Uraian Volume Satuan Harga Satuan Jumlah Harga
1 Cor beton K175 0,12 m3
2 Pembesian ( 90kg/m3) 10,80 kg
3 Beksiting kayu 1,20 m2
4 Top table granit 2,00 m'

Perhitungan di atas adalah untuk 1 unit meja wastafel sepanjang 2 m. Jika kita ingin menghitung harga per m’ tinggal dibagi dengan panjangnya.

Sebenarnya meja beton juga digunakan meja untuk dudukan kitchen zink di area pantry karena itu biasa disebut dengan meja pantry. 

Back To Top