6 Pedoman Penempatan Kulkas di Rumah

Penempatan Kulkas

Rumahmaterial.com - Kulkas adalah salah satu peralatan rumah tangga yang penting dan seringkali menjadi pusat aktivitas dapur. Fungsi utamanya adalah untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar dan tahan lama. 

Simak juga artikel sebelumnya tentang 6 Tips Membeli Kulkas yang Tepat Untuk Anda.

Namun, seringkali penempatan kulkas di rumah tidak mendapat perhatian yang cukup. Padahal, penempatan yang tepat dapat mempengaruhi efisiensi kerja kulkas dan kualitas makanan yang disimpan di dalamnya. 

Dalam artikel ini, kita akan coba untuk membahas tentang pedoman lokasi penempatan kulkas yang baik di rumah.

1. Jauhkan dari sumber panas

Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam penempatan kulkas adalah menjauhkannya dari sumber panas. Hindari menempatkan kulkas di dekat kompor, oven, atau peralatan dapur lainnya yang menghasilkan panas.
 
Panas dari sumber tersebut dapat mempengaruhi suhu di dalam kulkas dan menyebabkan kerja kulkas menjadi lebih berat. Akibatnya, konsumsi energi kulkas akan meningkat dan kualitas makanan yang disimpan bisa terganggu.

2. Dekat dengan sumber listrik

Pastikan posisi kulkas ada di dekat sumber listrik atau stop kontak khusus untuk kulkas. Sebagai peralatan elektronik yang menyala terus menerus dan membutuhkan pasokan listrik yang stabil, hindari menggunakan kabel ektensi atau kabel roll untuk kulkas.

Jika sampai harus menggunakan kabel ekstensi pilihlah tipe kabel heavy duty.

3. Berikan ruang yang cukup

Pastikan kulkas memiliki ruang yang cukup di sekitarnya. Penempatan yang terlalu dekat dengan dinding atau perabotan lain dapat menghambat sirkulasi udara di sekitar kulkas. 

Sebagai contoh ada pabrikan kulkas yang menyarankan jarak bebas 10 cm untuk sisi kanan dan kiri, serta belakang kulkas dan 30 cm jarak bebas pada sisi atas kulkas.

Sirkulasi udara yang baik adalah faktor penting untuk menjaga suhu di dalam kulkas tetap stabil. Jadi, berikan jarak yang cukup antara kulkas dan dinding atau perabotan lainnya agar udara bisa bergerak dengan baik.

4. Hindari sinar matahari langsung

Perlu diperhatikan, paparan sinar matahari langsung juga dapat mempengaruhi suhu di dalam kulkas. Mengapa demikian?

Suhu yang naik akibat sinar matahari dapat memaksa kulkas bekerja lebih keras untuk menjaga makanan tetap dingin. 

Hal ini tidak hanya meningkatkan konsumsi energi, tetapi juga dapat mengurangi umur kulkas. 
Pastikan kulkas ditempatkan di tempat yang teduh atau menggunakan tirai atau penutup untuk melindungi dari sinar matahari langsung.

5. Pertimbangkan kebutuhan aksesibilitas

Selain faktor-faktor di atas, perhatikan juga kebutuhan aksesibilitas dalam penempatan kulkas di rumah. Kulkas harus mudah diakses dan nyaman digunakan oleh seluruh anggota keluarga. 

Letakkan kulkas di area yang tidak mengganggu lalu lintas di dapur dan tidak menghalangi bukaan pintu atau jendela.

6. Perhatikan tata letak ruang dapur

Terakhir, pertimbangkan tata letak keseluruhan ruang dapur saat menempatkan kulkas. 
Pastikan kulkas ditempatkan secara strategis agar dapat terintegrasi dengan baik dengan meja kerja, lemari penyimpanan, dan peralatan lainnya. 

Memikirkan tata letak secara keseluruhan akan sangat membantu kita dalam memaksimalkan efisiensi kerja di dapur.

Posting Komentar untuk "6 Pedoman Penempatan Kulkas di Rumah"