5 Penyebab Utama Kecelakaan Pada Lift Bangunan Gedung bertingkat

Shaft Lift

Rumahmaterial.com - Beberapa saat yang lalu kita mungkin pernah melihat di berita kadang ada kecelakaan yang terjadi pada lift bangunan gedung bertingkat, seperti lift yang jatuh bebas sehingga menimbulkan korban jiwa. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Penyebab lift mengalami kecelakaan atau jatuh dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor tertentu. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan kecelakaan atau jatuhnya lift:

1. Perawatan yang tidak memadai

Kurangnya perawatan rutin dan pemeliharaan lift dapat menyebabkan kegagalan sistem, kerusakan komponen, atau keausan yang dapat berujung pada kecelakaan. 

Pemeriksaan rutin, perbaikan, dan pemeliharaan berkala sangat penting untuk menjaga keamanan lift. Simak juga artikel Perawatan Berkala Untuk Lift / Elevator.

2. Kerusakan mekanis

Gangguan pada sistem mekanis seperti motor, rem, atau kabel pengangkat dapat mengakibatkan kecelakaan. 

Ketika komponen mekanis mengalami kegagalan, bisa terjadi jatuhnya lift atau kejadian yang membahayakan penumpang.

3. Kebocoran hidrolik

Jika sistem hidrolik lift mengalami kebocoran, tekanan hidrolik dapat menurun, mengakibatkan penurunan kontrol dan kemungkinan jatuhnya lift.

4. Kesalahan manusia

Kesalahan atau kelalaian pengemudi lift, petugas perawatan, atau pengguna lift juga dapat menjadi penyebab kecelakaan. 

Misalnya, kesalahan dalam mengoperasikan lift, ketidakpatuhan terhadap pedoman keselamatan, atau tindakan ceroboh yang dapat menyebabkan situasi berbahaya.

5. Usia dan kondisi lift

Lift yang sudah tua atau tidak terawat dengan baik memiliki risiko kecelakaan yang lebih tinggi. Komponen yang aus atau teknologi yang usang dapat menyebabkan kegagalan sistem yang berpotensi berakibat fatal.

Simak juga artikel sebelumnya tentang Penggantian (Total Replacement) Unit Lift Pada Bangunan Gedung Bertingkat.

Penting untuk menjaga lift tetap dalam kondisi baik dengan melakukan perawatan dan pemeriksaan rutin oleh teknisi yang terlatih. 

Selain itu, pengguna lift juga harus mematuhi pedoman keselamatan, seperti membatasi kapasitas muatan, tidak melakukan tindakan yang dapat menyebabkan gangguan pada lift, dan melaporkan masalah atau kerusakan yang terdeteksi kepada pihak berwenang. 

Dengan perhatian dan pemeliharaan yang baik, risiko kecelakaan atau jatuhnya lift dapat diminimalkan.

Posting Komentar untuk "5 Penyebab Utama Kecelakaan Pada Lift Bangunan Gedung bertingkat"