Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Apakah Tersedia Alat Pancang HSPD Untuk Spun Pile Dia. 800 mm?

Minggu lalu kami menerima email pertanyaan dari salah satu pembaca sebagai berikut, ”Mau bertanya apakah ada tersedia (available) di Indonesia hspd untuk spun pile uk. 800 mm ?”

Bagi yang belum mengetahui apa itu HSPD silahkan simak artikel sebelumnya tentang : Alat Pancang Hidrolic Static Pile Driver (HSPD).

Untuk pertanyaan pembaca pada email di atas kami coba jawab berdasarkan pengalaman salah satu rekan kami sebut saja si Kontraktor. Beberapa waktu lalu si Kontraktor mengikuti tender pembangunan gedung perkantoran yang menggunakan pondasi pancang spun pile dia.800 mm.

Karena lokasi proyek berdekatan dengan bangunan eksisting,disyaratkan pemancangan harus menggunakan sistem tekan dengan alat HSPD. Ketika ditanyakan apakah dari pihak konsultan perencana struktur sudah memperhitungkan loaksi lahan yang sempit dengan kemungkinan dimensi alat yang sangat besar, mereka menjawab sudah diperhitungkan.

Spun Pile

Maka si Kontraktor mulai mencari spesialis pancang yang sanggup mengerjakan pekerjaan pondasi tiang pancang spun pile dengan alat HSPD. Entah sudah berapa jumlah pihak spesialis pancang di wilayah Jakarta yang coba Kontraktor hubungi tidak bisa mengerjakan pemancangan tiang pancang spun pile dia.800 mm menggunakan alat HSPD. 

Dari banyak spesialis pancang yang dihubungi mengatakan bahwa alat pancang HSPD untuk memancang spun pile dia. 800 mm jika ada pasti dimensinya sangat besar dan sangat berat dan sulit untuk mobilisasi alat di lapangan karena luasan lahan yang terbatas.

Karena tidak tersedia alat HSPD untuk memancang spun pile tersebut, pihak spesialis pancang menawarkan 2 alternatif yaitu :

Alternatif 1. Merubah Desain Pondasi Spun Pile

Ganti desain / perencanaan struktur pondasi dari menggunakan spun pile dia. 800 mm menjadi spun pile dia. 600 mm dengan jumlah titik mungkin bertambah.

Alternatif 1 lebih mudah dan murah tetapi membutuhkan perhitungan kembali perencanaan struktur pondasinya. Saat masih tender biasa konsultan Perencana tidak memperbolehkan mengganti desain yang sudah ada.

Alternatif 2. Melakukan Pengeboran Sebelum Pemancangan Dengan Hydraulic Hammer

Untuk mengurangi efek getaran, jika tetap mau menggunakan pondasi spun pile dia. 800 mm, maka dilakukan preboring terlebih dahulu baru kemudian dilakukan pemancangan dengan menggunakan hydraulic hammer.

Alternatif 2 mengakibatkan biaya pemancangan menjadi mahal karena 2 kali kerja (pengeboran + pemancangan) selain itu waktu pelaksanaan pekerjaan juga menjadi lebih lama.

Karena masih tender dan harus menawarkan harga sesuai dengan gambar dan RKS teknis, si Kontraktor memilih alternatif 2 dan kalah bersaing harga dengan kontraktor yang lain.

Tetapi pada pelaksanaanya seperti apa kami sudah tidak mendapatkan kabar lagi apakah proyek pembangunan gedung perkantoran tersebut tetap menggunakan pondasi spun pile dia. 800 mm atau tidak.

Mungkin di antara pembaca yang lain ada yang mengetahui info spesialis pancang yang memilki alat HSPD untuk memancang tiang pancang spun pile dia. 800 mm? 

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon untuk tidak menyampaikan komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel karena tidak akan kami terbitkan. Terima kasih.

Back To Top