Apa Perbedaan Travelator Dengan Escalator?

Travelator vs Escalator

Rumahmaterial.com - Travelator dan escalator adalah dua jenis fasilitas transportasi yang digunakan untuk mempermudah pergerakan orang di area-area dengan lalu lintas tinggi. 

Perbedaan yang paling utama adalah travelator memiliki sudut kemiringan lebih kecil dan tidak memiliki undakan / anak tangga. Sedangkan pada escalator terdapat undakan / anak tangga dan memiliki sudut kemiringan lebih besar.

Simak juga artikel : Escalator, Tangga Berjalan Pada Bangunan Bertingkat

Selain itu terdapat juga beberapa perbedaan yang lain, yaitu :

Dari Sisi Fungsi

Travelator dirancang untuk membantu memindahkan orang dengan lebih mudah, terutama jika mereka membawa barang-barang berat atau besar / menggunakan trolley. 

Travelator juga lebih ramah dan dapat digunakan oleh penyandang disabilitas, karena bisa dilalui pengguna kursi roda.

Escalator dirancang untuk mengangkut orang dengan atau tanpa barang bawaan yang dijinjing dari satu lantai ke lantai lain, dengan fokus pada efisiensi pergerakan vertikal.

Dari Sisi Lokasi

Travelator cenderung lebih sering digunakan untuk pergerakan orang di area yang luas, seperti dalam ruangan yang panjang atau di luar ruangan. 

Travelator dirancang untuk memberikan transportasi yang nyaman dan efisien dalam jarak yang lebih jauh, misalnya dalam bandara. 

Seperti kita tahu bandara memiliki area  yang luas sehingga terkadang membuat penumpang yang menggunakan pesawat terbang harus berjalan ratusan meter, baik menuju ruang boarding atau untuk keluar dari bandara.

Escalator biasanya digunakan di dalam bangunan, seperti pusat perbelanjaan, stasiun kereta api, dan gedung perkantoran, untuk mengangkut orang antara lantai yang berbeda.

Dari Sisi Kecepatan 

Travelator cenderung bergerak dengan kecepatan yang konstan, yang biasanya lebih lambat daripada escalator. 

Escalator memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan terkadang dapat disesuaikan dengan kepadatan lalu lintas dan kebutuhan pengguna.

Dari Sisi Konstruksi

Travelator terdiri dari jalur linier yang lebar dan datar dengan permukaan yang halus, seringkali dilengkapi dengan pagar pembatas di kedua sisinya. 

Escalator terdiri dari serangkaian step yang terhubung secara berputar pada rel berjalan, dengan pegangan tangan untuk mempertahankan keseimbangan dan keselamatan pengguna.

Meskipun ada beberapa perbedaan yang telah dijelaskan, travelator dan escalator, keduanya merupakan solusi transportasi yang populer dan efektif dalam meningkatkan mobilitas di tempat-tempat dengan lalu lintas yang padat.

Untuk mendapatkan masukkan mana yang lebih cocok untuk digunakan dalam bangunan Anda silahkan hubungi supplier escalator yang biasanya juga merupakan supplier travelator dan supplier lift

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Travelator Dengan Escalator?"