Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Efek Plafon Yang Terlalu Tinggi?

Ruangan dengan plafon tinggi

Rumahmaterial.com - Tinggi plafon pada sebuah rumah tinggal dapat bervariasi tergantung pada desain dan gaya arsitektur rumah tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tinggi plafon, seperti ukuran ruangan, kebutuhan ventilasi, dan selera pribadi dari pemiliknya. 

Pada umumnya, tinggi plafon rumah tinggal biasanya berkisar antara 2,8 meter hingga 3,2 meter. Ada juga yang menentukan tinggi plafon ideal dari ukuran ruangan, yaitu dengan menambahkan panjang dan lebar ruangan, lalu dibagi dua.

Contoh, misalnya Anda memiliki ruangan dengan panjang 3 meter dan lebar 4 meter. Jika dihitung menggunakan rumus di atas, maka (3+4) / 2 = 3,5, maka tinggi plafon ideal untuk ruangan tersebut adalah 3,5 meter.

Tetapi kadang ada yang menyarankan agar plafon dibuat lebih tinggi lagi agar ruangan terasa luas dan tidak panas. Apakah benar demikian?

Memang benar plafon yang tinggi, misalnya sampai ketinggian 4 meter, bisa memberikan kesan ruangan yang lebih besar dan luas, meningkatkan sirkulasi udara, dan memberikan tampilan yang lebih mewah dan elegan pada rumah.

Selain itu plafon yang tinggi juga memungkinkan lebih banyak cahaya alami pada siang hari karena bisa ada lebih banyak area untuk jendela-jendela yang besar. 

Tetapi jangan salah, selain itu plafon yang terlalu tinggi juga memiliki beberapa efek yang mungkin perlu dipertimbangkan, yaitu :

1. Biaya Pembangunan Rumah Yang Lebih Mahal

Plafon yang tinggi tentunya akan sangat berpegaruh terhadap biaya pembangunan rumah Anda. Struktur bangunan yan glebih tinggi, dinding dan finishing dinding yang lebih luas akan menyebabkan biaya pembangunan rumah tersebut lebih mahal dari pada rumah pada umumnya.

2. Penggunaan Energi Listrik yang Lebih Tinggi

Plafon yang tinggi juga akan meningkatkan kebutuhan jumlah dan kapasitas lampu untuk penerangan dan AC untuk mendinginkan ruang (jika menggunakan AC).

Jumlah dan kapasitas yang meningkat tentunya akan memerlukan penggunaan energi listrik yang lebih tinggi yang tentunya akan menyebabkan biaya listrik yang lebih tinggi.

3. Keterbatasan Fungsional Dan Tidak Praktis 

Ruangan dengan plafon yang terlalu tinggi dapat menjadi sulit untuk mencapai atau memperbaiki jika ada masalah seperti saat akan mengganti lampu yang rusak atau ada bagian ventilasi yang perlu dibersihkan, atau bahkan mengganti plafon yang bermasalah.

Simak juga artikel Mengenal Masalah Jamur Pada Plafon.

Kadang mungkin harus menggunakan alat khusus, tangga yang tinggi, atau bahkan harus memasang scafolding. Tentunya agak kurang praktis, bisa jadi tidak bisa kita lakukan sendiri dan harus memanggil jasa profesional.

4. Kehilangan Keterhubungan Visual 

Plafon yang terlalu tinggi dapat membuat ruangan terasa lebih kosong dan kurang terhubung secara visual dengan orang yang berada di dalamnya. Ini bisa menjadi masalah jika Anda mencari suasana yang lebih intim atau hangat.

Pada akhirnya, keputusan untuk memilih tinggi plafon pada rumah Anda harus mempertimbangkan berbagai faktor termasuk gaya arsitektur rumah, ukuran ruangan, dan preferensi pribadi.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Efek Plafon Yang Terlalu Tinggi?"