6 Lapisan Penting Roof Garden

Lapisan Roof Garden

Rumahmaterial.com - Pembuatan roof garden adalah salah satu cara untuk memaksimalkan penggunaan lahan di kota yang padat. 

Jika roof garden dibuat hanya dengan menyusun tanaman dalam pot, tentunya tidak memerlukan penanganan khusus.

Tapi akan berbeda kalau roof garden dibuat langsung di atas dak beton. Risiko terbesr adalah adanya kebocoran pada lantai di bawahnya.

Risiko itu mungkin bisa dicegah jika dalam pembuatan roof garden sesuai dengan ketentuan lapisan-lapisan penting yang yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Lapisan Atap Dak Beton

Lapisan atap dak beton adalah lapisan pertama yang perlu dipertimbangkan saat membuat roof garden. Pastikan atap dak beton yang digunakan mampu menahan beban tanah, tanaman, dan pengunjung yang berjalan di atasnya. 

Lapisan dak atap beton harus dirancang dengan sistem pembuangan air yang baik dan tahan terhadap bocor.

2. Lapisan Pelindung / Waterproofing

Lapisan pelindung / waterproofing adalah lapisan kedua yang harus dipertimbangkan. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi lapisan atap dari kerusakan akibat sinar matahari, kelembapan, atau cuaca ekstrem. 

Beberapa material yang dapat digunakan sebagai lapisan waterproofing antara lain adalah membran bitumen.

3. Lapisan Drainase

Lapisan drainase berfungsi untuk mengalirkan air hujan dari atas roof garden menuju saluran pembuangan air. Lapisan ini dapat terdiri dari media penyaringan dan pipa pembuangan air. 

Pastikan lapisan drainase yang digunakan mampu menampung air hujan yang cukup dan memiliki kemampuan membuang air dengan cepat.

Lapisan drainase ini bisa berupa batu kerikil atau batu apung dengan ketebalan sekitar 10 sampai 12 cm. Selain itu saat ini untuk lapisan drainase ada produk drainase cell dari bahan polypropylene yang kuat tapi lebih ringan sehingga tidak menambah beban untuk struktur atap.

4. Lapisan Filter / Geotextile

Lapisan filter berfungsi untuk menahan tanah dan partikel-partikel kecil lainnya agar tidak masuk ke dalam lapisan drainase. 

Lapisan ini biasanya disebut juga dengan geotextile,terbuat dari bahan nonwoven yang dapat menahan partikel tanah dan lumpur.

5. Lapisan Tanah / Media Tanam

Lapisan tanah atau media tanam adalah lapisan terakhir pada roof garden. Pastikan lapisan tanah yang digunakan cukup subur dan dapat menampung jenis tanaman yang ingin ditanam. 

Secara berkala tanah harus digemburkan atau ditambah pupuk kompos jika diperlukan, jika unsur hara nya telah hilang, tanah hrus diganti dengan yang baru.

6. Tanaman Untuk Roof Garden

Tanaman yang ditanam pada roof garden harus dipilih dengan hati-hati. Pilih tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan tempat roof garden berada. 

Pilih tanaman yang dapat tumbuh di lokasi dengan sinar matahari yang cukup, tahan terhadap angin, dan mampu tumbuh di media tanam yang terbatas.

Dengan memperhatikan lapisan-lapisan di atas, roof garden yang dibuat dapat tahan lama dan dapat menampung berbagai jenis tanaman yang indah. 

Pastikan juga untuk merawat roof garden secara teratur agar dapat tetap tumbuh subur dan menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai.

Posting Komentar untuk "6 Lapisan Penting Roof Garden"