Angkur Baut Untuk Kolom Struktur Baja

Rumahmaterial.com - Angkur baut merupakan salah satu komponen bangunan konstruksi baja berupa pengait untuk menghubungkan kolom struktur baja dengan struktur beton misalnya pondasi beton bertulang. 

Angkur baut terdiri dari batang angkur yang berbentuk L dengan ujung berulir, mur pertama dan kedua, serta ring. Ukuran angkur baut bermacam-macam sesuai dengan diameternya mulai dari diameter 10 mm sampai 34 mm. 

Untuk angkur kolom struktur baja biasanya menggunakan angkur diameter 16 mm, 19 mm, 20 mm atau 22 mm tergantung dari ukuran kolom baja dan desain perhitungannya. Pemasangan angkur baut dilakukan sebelum proses pengecoran beton. 

Pelaksanaan pekerjaan pemasangan angkur baut memerlukan ketelitian dalam melakukan pengukuran atau marking untuk menentukan posisi pemasangan angkur yang tepat.

Angkur baut dipasang di tengah tulangan beton dan dilakukan pengelasan agar angkur tetap berada di posisinya selama proses pengecoran beton.
     
Angkur Baut

Dari gambar standar struktur bangunan dari gambar rencana suatu proyek yang pernah rekan rumahmaterial.com tangani didapat gambar ukuran dan standar pemasangan angkur baut seperti di atas, dengan ketentuan :

d= Diameter angkur baut
D = Diameter bengkokan > 3 d (mm) 
L= Panjang angkur baut > 35 d (mm)

Untuk angkur diameter 16 mm panjang L minimal = 35 x d = 35 x 16 mm = 520 mm
Untuk angkur diameter 19 mm panjang L minimal = 35 x d = 35 x 19 mm = 665 mm
Untuk angkur diameter 20 mm panjang L minimal = 35 x d = 35 x 20 mm = 700 mm
Untuk angkur diameter 22 mm panjang L minimal = 35 x d = 35 x 22 mm = 770 mm

Dalam perhitungan biaya biasanya angkur baut dihitung per titik. Jadi misalnya untuk baseplate 1 kolom terdapat 4 titik angkur baut dan ada 10 kolom baja di bangunan itu maka jumlah angkur bautnya adalah = 4 titik x 10 kolom = 40 titik.

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang Angkur Baut Untuk Kolom Struktur Baja, semoga bermanfaat...!

Posting Komentar untuk "Angkur Baut Untuk Kolom Struktur Baja"