Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Cocok Keramik Tile Untuk Penutup Lantai Halaman Rumah Dan Carport?

Lantai Keramik Pada Carport

Sebelumnya rumahmaterial.com pernah membahas tentang Desain Carport Rumah Yang Ideal. Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa lantai carport dan halaman rumah bisa terbuat dari pekerkerasan beton tanpa finishing atau dengan menggunakan finishing penutup lantai keramik, granite tile, atau batu alam.

Penutup lantai keramik seperti kita ketahui memiliki beberapa keunggulan antara lain banyak pilihan corak dan warna yang dapat dipilih, harga yang relatif murah, mudah pemasangannya, dan mudah juga dalam perawatannya.

Permukaan lantai keramik tahan terhadap debu dan noda, jika kotor penutup lantai keramik lebih mudah dibersihkan. Mungkin yang lebih cepat kotor pada bagian nat nya saja.

Untuk halaman depan rumah yang sekaligus tempat untuk menyimpan mobil dan sepeda motor sebenarnya kurang cocok menggunakan penutup lantai keramik. Mengapa demikian?

Pada umumnya permukaan lantai keramik tile cenderung halus. Untuk kondisi normal mungkin tidak menjadi masalah tetapi jika kondisi hujan yang menyebabkan lantai dan ban mobil atau motor menjadi basah maka bisa menyebabkan selip karena licin. 

Hal tersebut tentunya cukup berbahaya, terutama jika kita menggunakan sepeda motor dan melalui lantai yang licin, tentunya bisa menyebabkan kita bisa jatuh.

Ada kejadian yang pernah saya alami sendiri ketika pulang ke rumah dalam kondisi hujan terjadi selip saat sepeda motor masuk area halaman rumah dengan penutup lantai keramik. Kondisi permukaan lantai menjadi licin karena basah. Untung saja tidak sampai jatuh dari sepeda motor.

Padahal jenis keramik tile yang digunakan sudah bertekstur cukup kasar.

Jadi lebih baik jika kita memilih jenis penutup lantai lain dengan permukaan yang lebih kasar agar tidak licin saat basah.

Sebagai pilihan bisa menggunakan penutup lantai batu alam baik jenis batu andesit atau dengan menggunakan koral sikat yang lebih artistik dengan pola tertentu.

Bagaimana menurut Anda?

Posting Komentar untuk " Apakah Cocok Keramik Tile Untuk Penutup Lantai Halaman Rumah Dan Carport?"