Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Batu Andesit, Finishing Batu Alam Untuk Bangunan Anda

Desain rumah minimalis kadang menggunakan batu alam untuk finishing arsitekturnya. Pada kesempatan ini rumahmaterial.com akan membahas tentang batu Andesit yang merupakan salah satu jenis batu alam yang sering digunakan sebagai material pekerjaan arsitektur bangunan seperti penutup dinding dan lantai, pelapis kolom beton, dan lain-lain.

Batu Andesit terdiri dari bermacam-macam ukuran dan ketebalan, biasanya semakin kecil ukurannya harganya semakin murah, sebaliknya semakin panjang, lebar, atau tebal batu alam maka harganya akan semakin mahal.

Batu Andesit Hitam Bakar
Batu Andesit Hitam Bakar
Batu Andesit umumnya dipasarkan dengan tebal standar 1,8 cm dan ukuran  Ukuran 10 x 20 cm, 15 x 15 cm, 15 x 30 cm, 20 x 20 cm, 20 x 40 cm, 30 x 30 cm, 30 x 60 cm, 40 x 40 cm, 60 x 60 cm. Dan ada ukuran yang biasa digunakan untuk pasangan batu Andesit susun sirih seperti : 3 x 20 cm, 3 x 30 cm, 3 x 40 cm , 3 x 50 cm, 3 x 60 cm, 5 x 20 cm, 5 x 30 cm, 5 x 40 cm.

Selain ukuran, finishing permukaan batu alam Andesit juga sangat mempengaruhi harga batu alam seperti finishing permukaan rata alam, rata mesin, bakar, honed, poles, dan lain-lain dan teknologi mesin untuk memproduksi batu alam juga menentukan kualitas batu alam itu sendiri.

Yang paling penting adalah memastikan kualitas batu andesit yang dipilih, karena jika batu Andesit berkualitas buruk misalnya bentuk tidak simetris dan  memiliki ketebalan yang berbeda antara batu yang satu dengan yang lain maka akan menyusahkan dalam pemasangannya sehingga pemasangan batu alam menjadi lama dan hasilnya juga tidak rapi.

Untuk pemasangan batu Andesit di dinding, pada dinding yang belum diaci maka batu Andesit bisa langsung dipasang, tetapi pada dinding yang sudah finish plester aci apalagi sudah dicat maka permukaan dinding harus dichiping / diketrik terlebih dahulu agar adukan dapat merekat lebih baik.

Sebelum memasang batu alam Andesit, sebaiknya batu alam direndam dalam air karena batu alam memiliki pori-pori yang cukup besar sehingga mudah lepas ketika ditempel secara langsung. Batu Andesit biasa dipasang dengan pola tertentu, untuk pelapis dinding salah satu pola pemasangan yang sering digunakan adalah batu Andesit susun sirih.

Biasanya lapisan batu alam Andesit yang sudah terpasang perlu dicoating dengan cairan pelapis batu alam agar tidak mudah kusam dan mudah berjamur serta berlumut. Untuk coating batu alam ada yang menjadikan permukaan batu alam lebih mengkilap dan ada yang tidak memberikan efek mengkilap atau hanya bersifat melindungi tetapi tidak merubah warna dan tekstur batu alam.

Back To Top