Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-Hati, Jangan Sampai Salah Memilih Kontraktor Bangunan

Rumahmaterial.com - Jika kita ingin membangun rumah, kita mempunyai pilihan apakah akan menggunakan tukang harian, borongan, atau menggunakan jasa kontraktor.

Jika kita tidak ingin direpotkan masalah pembelian material dan pembayaran upah tukang selama masa pembangunan kita bisa menggunakan jasa kontraktor untuk melaksanakan pembangunan.

Jadi nantinya kita hanya akan berurusan dengan pihak kontraktor tersebut. Untuk pembayaran kontraktor biasa sesuai kesepakatan dalam kontrak misalnya dibayar bulanan atau dibayar sesuai termin.

Seperti kita ketahui jumlah kontraktor baik berbentuk perusahaan atau perorangan sangat banyak. Dari banyaknya perusahaan kontraktor tersebut kita harus memilih satu yang terbaik menurut kita untuk diajak bekerja sama.  

Dalam memilih kontraktor bangunan kita harus hati-hati agar tidak mendapatkan kontraktor yang nakal dan tidak profesional.

Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi jika kita mendapatkan kontraktor yang nakal dan tidak profesional, antara lain : 

  1. Pekerjaan tidak bisa selesai tepat waktu.
  2. Kualitas hasil pekerjaan jelek.
  3. Biaya keseluruhan akan membengkak.
  4. Spesifikasi material yang digunakan tidak sesuai.
  5. Bisa terjadi sengketa dan perdebatan yang menguras emosi.

Kontraktor yang nakal akan menggunakan penawaran harga yang sangat murah untuk menarik pemilik proyek menggunakan jasa mereka. Tetapi ternyata material yang digunakan berbeda dengan yang ditawarkan / menggunakan kualitas yang lebih rendah.

Pelaksanaan pekerjaan juga mungkin tidak sesuai dengan gambar perencanaan dan rencana kerja dan syarat-syarat pelaksanaan yang ada. 

Sedangkan kontraktor yang jujur dan profesional akan melakukan pekerjaan dengan sesuai spesifikasi dan perencanaan yang dibuat. Mereka akan mendapatkan keuntungan secara wajar tanpa mengorbankan kualitas hasil pekerjaan. 

Terus bagaimana agar kita tidak salah pilih dan mendapat kontraktor bangunan yang baik? Jawaban pertanyaan tersebut ada pada artikel Bagaimana Cara Memilih Kontraktor Yang Baik.

Intinya dengan mendapatkan kontraktor yang baik, jujur, dan profesional tentunya akan menguntungkan pemilik proyek karena akan mendapatkan bangunan berkualitas dengan biaya yang wajar, material yang digunakan sesuai spesifikasi, dan waktu pelaksanaan yang optimal.

Posting Komentar untuk " Hati-Hati, Jangan Sampai Salah Memilih Kontraktor Bangunan"