Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Memilih Kontraktor Yang Baik?

Membangun Rumah Menggunakan Jasa Kontraktor
Mungkin menggunakan jasa kontraktor merupakan pilihan yang tepat untuk pelaksanaan pembangunan rumah kita, tetapi dengan catatan kita menggunakan jasa kontraktor yang baik. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara kita untuk memilih kontraktor yang baik dari banyaknya pilihan yang ada?

Untuk menjawab pertanyaan ini kita akan melihat 6 faktor yang perlu menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih kontraktor, antara lain yaitu :

1. Kontraktor dengan legalitas yang jelas

Pilihlah kontraktor yang jelas badan usahanya, memiliki kantor, izin usaha yang masih berlaku, serta memiliki reputasi yang baik. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya masalah di kemudian hari, karena kontraktor dengan badan usaha yang jelas cenderung akan selalu menjaga kualitas dan reputasinya.

2. Kontraktor yang memiliki pengalaman membangun banyak proyek dengan hasil pekerjaan yang baik.  

Kualitas pekerjaan yang baik dapat dilihat pada hasil kerja kontraktor tersebut pada proyek-proyek sebelumnya. Selain itu kita bisa lihat dari daftar pengalaman kontraktor tersebut apakah sudah banyak mengerjakan proyek-proyek bangunan yang sejenis dengan bangunan kita.

3. Kontraktor yang mendapatkan rekomendasi dari pengguna jasa sebelumnya

Ini juga penting untuk dipertimbangkan, kalau kontraktor mendapat rekomendasi dari pengguna jasa sebelumnya, apalagi kalau kita kenal dengan pengguna jasanya kita bisa mendapatkan informasi yang akurat tentang hasil pekerjaan dan tanggung jawab kontraktor tersebut.

4. Kontraktor profesional dengan tenaga kerja yang terampil dan berpengalaman

Hal ini penting untuk menjamin hasil pekerjaannya berkualitas baik. Jumlah dan kualifikasi tenaga ahli dapat dilihat dari struktur organisasi yang terlibat dalam proyek.

5. Kontraktor dengan harga yang wajar

Jangan memilih kontraktor dengan harga yang sangat mahal, tetapi hindari juga kontraktor yang menawarkan harga borongan yang sangat murah. 

Karena bisa jadi mereka salah dalam perhitungan dan nantinya akan mengorbankan kualitas atau parahnya mereka akan menghentikan pekerjaan jika mengalami kerugian.

Pilihlah kontraktor yang memberikan harga borongan yang wajar. Setiap usaha pasti menginginkan keuntungan, 10% merupakan keuntungan yang wajar bagi kontraktor. 

6. Kontraktor yang bertanggung jawab dan berani memberikan garansi hasil pekerjaan

Apakah kontraktor tersebut berani memberikan garansi hasil pekerjaannya jika suatu saat nanti terjadi kerusakan bagian bangunan contohnya seperti atap yang bocor.

Apakah kontraktor tersebut bertanggung jawab dan cepat tanggap terhadap keluhan pelanggannya? Secara riil hal ini bisa diketahui dari pengguna jasa sebelumnya atau jika kita mengenal baik kontraktor tersebut.

Demikian beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kontraktor yang baik untuk pembangunan rumah kita, semoga bermanfaat...!

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Memilih Kontraktor Yang Baik?"