6 Jenis Hardware Pintu Kayu

Hardware pintu adalah salah satu Komponen Utama Harga Pintu Jendela Kayu yang pernah rumahmaterial.com bahas pada artikel sebelumnya.

Hardware Pintu Kayu
Sebenarnya apa saja hardware pintu kayu yang perlu digunakan? Secara umum hardware pintu kayu terdiri atas penggantung dan pengunci, yang dapat diuraikan seperti di bawah ini.

1. HANDLE

Pegangan pintu, yang jenisnya terbagi lagi menjadi lever handle dan pull handle (biasa digunakan untuk pintu utama/pintu berukuran besar), selain itu ada juga model lever handle plate. Untuk bahannya terbagi menjadi bahan stainless steel atau pelat besi chrome. Bahan/materialnya solid atau kosong (seperti pipa).

2. LOCKCASE / MORTISE LOCK

Mekanis penguncian pintu atau biasa disebut juga badan kunci merupakan bagian kunci pintu yang paling berperan dalam menentukan keamanan rumah.

Lockcase terpasang di tengah bagian pintu dengan cara melubangi satu sisi pintu dan berjarak antara 90-100 cm dari permukaan lantai

3. CYLINDER

Tempat anak kunci menggerakkan lidah pengaman dan pengunci. Cylinder merupakan komponen terpenting dari kunci pintu bagian ini menentukan apakah suatu produk kunci pintu memiliki ketahanan yang bagus atau tidak.

Untuk produk cylinder bermutu baik yang ada di pasaran umumnya menggunakan bahan dasar / material kuningan (full brass).

4. ENGSEL (HINGES)

Penggantung semua jenis pintu dan jendela. Untuk pintu yang tidak terlalu berat misalnya pintu multipleks rangka kayu cukup menggunakan 2 unit engsel untuk tiap daun pintunya, tetapi untuk pintu yang berat sebaiknya menggunakan 3 unit engsel untuk setiap daun pintunya.

5. DOOR STOPPER

Penahan gerak pintu untuk menghindarkan handle pintu dari benturan dengan dinding. Ada jenis door stopper yang dipasang pada daun pintu, pada dinding, dan ada yang dipasang pada daun pintu dan dinding secara berpasangan. Semua itu tregantung dari tipe produknya.

6. DOOR CLOSER

Menjaga agar pintu secara otomatis selalu dalam keadaan tertutup. Dari jenis mekanismenya door closer ada yang Non-hold open dan Hold open. Door Closer Hold Open dapat menahan pintu dalam posisi terbuka, sementara Non-hold open tidak bisa.

Jangan lupa simak juga artikel Cara Praktis Memasang Kunci Pintu Kayu.

Demikian ulasan rumahmaterial.com tentang Hardware Penggantung Dan Pengunci Pintu Kayu, semoga bermanfaat bagi Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel