Lebih Mahal Mana Plesteran Menggunakan Adukan Biasa Atau Mortar Instan?

Plesteran dinding merupakan salah satu komponen pekerjaan pasangan dinding bata merah maupun bata ringan. Plesteran bisa menggunakan adukan biasa dengan campuran pasir dan semen dengan komposisi tertentu atau menggunakan mortar instan.


Kadang yang sering menjadi pertanyaan adalah “Lebih Mahal Mana Plesteran Menggunakan Adukan Biasa Atau Mortar Instan?“

Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebenarnya gampang-gampang susah, tidak bisa langsung dijawab begitu saja, karena tergantung dari komposisi campuran adukan dan ketebalan plesteran yang dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Pertama apa material pasangan dindingnya? Bata merah atau bata ringan? Itu juga sudah berpengaruh, karena untuk pasangan dinding bata merah biasanya permukaan kurang rata sehingga perlu plesteran yang lebih tebal (paling tidak 2,5 cm pada masing-masing sisinya).

Jika menggunakan bata ringan biasanya cukup plesteran mortar instan tebal 1 cm sesuai dengan standar pabrikan produk plesteran instan.

Berapa total ketebalan pasangan dinding yang diinginkan jika sudah jadi?

Misal kita ingin membuat dinding dengan tebal 15 cm, jika ternyata menggunakan material bata merah dengan ketebalan 10 cm maka diperlukan tebal plesteran 5 cm yang dibagi menjadi masing-masing 2,5 cm pada setiap sisinya.  

Sedangkan jika ketebalan yang diinginkan 16 cm misalnya maka kita memerlukan tebal plesteran 6 cm atau 3 cm pada masing-masing sisinya.

Sebenarnya untuk plesteran biasa dengan adukan semen pasir komposisi 1 pc : 4 ps tebal 2,5 cm biayanya hampir sama dengan plesteran mortar instan tebal 1 cm.
Jadi jika menggunakan plesteran mortar instan dengan ketebalan yang sama dengan adukan biasa maka akan lebih mahal.
Tetapi kita juga harus melihat beberapa keunggulan penggunaan mortar instan sebagai material plesteran seperti pernah rumahmaterial.com bahas dalam artikel 6 Keunggulan Menggunakan Mortar Instan.

Jadi meski lebih mahal penggunaan plesteran mortar instan memiliki beberapa keunggulan. Mana yang akan dipakai? Itu semua tergantung dari pemilik bangunan, apakah lebih mementingkan harga murah atau kualitas yang lebih baik. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel