Cara Menghitung Biaya Pelat Penyambung Dan Baut Pada Konstruksi Baja

Konstruksi baja merupakan salah satu jenis struktur bangunan yang sering digunakan terutama untuk bangunan industri seperti gudang dan pabrik. Terdapat beberapa komponen biaya pekerjaan konstruksi baja seperti yang pernah rumahmaterial.com bahas dalam artikel sebelumnya tentang Komponen Utama Bangunan Konstruksi Baja.

Pada kesempatan ini kami akan khusus membahas tentang Cara Menghitung Biaya Pelat Penyambung Dan Baut pada Konstruksi Baja.

Untuk melakukan perhitungan biaya pelat penyambung dan baut pada konstruksi baja sangat diperlukan gambar detail sambungan yang lengkap. Dari gambar detail sambungan yang lengkap akan didapat secara pasti berapa jumlah pelat penyambung dan baut yang dibutuhkan.

Untuk biayanya tentunya tinggal mengalikan antara volume item pekerjaan dengan harga satuan masing-masing item. Sebagai contoh misal kita memiliki gambar detail sambungan konstruksi baja seperti gambar di bawah ini.

Contoh Gambar Detail Sambungan Konstruksi Baja
Dari contoh gambar detail sambungan konstruksi baja di atas dapat dihitung jumlah pelat penyambung, jumlah baut, jumlah pelat pengaku. Tinggal dilihat di denah ada berapa sambungan untuk seluruh bangunan tersebut. 

Jika tidak ada gambar detail sambungan konstruksi baja, Bagaimana cara kita menghitung biayanya?


Jika itu yang terjadi kita bisa melihat data-data perhitungan proyek yang konstruksinya mirip. Kita ambil prosentase berapa % biaya pelat penyambung dan baut dibandingkan total pekerjaan konstruksi bajanya.

Sebagai patokan untuk banguan konstruksi baja yang umum digunakan pada bangunan gudang dan pabrik dapat diambil asumsi biaya pelat penyambung dan baut antara 5% sampai 15% biaya total pekerjaan konstruksi baja.

Yang dimaksud biaya total konstruksi baja adalah khusus pekerjaan baja profil seperti balok, kolom, pelat, gording, dan lain-lain tidak termasuk penutup atap.

Memang cara ini akan menghasilkan perhitungan biaya yang kurang pasti, karena hanya berdasarkan asumsi saja, penentuan asumsi ini juga membutuhkan pengalaman dalam melakukan perhitungan biaya pekerjaan. 

Karena jenis bangunan, ukuran bangunan, dan berbagai keterbatasan yang ada kadang membuat jumlah pelat penyambung dan baut konstruksi baja berbeda-beda dalam perencanaan suatu proyek.

Demikian ulasan singkat rumahmaterial.com tentang Cara Menghitung Biaya Pelat Penyambung Dan Baut pada Konstruksi Baja, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara untuk menghitung biaya  pekerjaan konstruksi baja .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel