Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Harga Pintu Rolling Door Mahal Atau Murah Tergantung Dari 5 Hal Ini

Rolling door merupakan jenis pintu yang dioperasikan dengan cara menggulung slat daun pintu ke atas saat dibuka dan menurunkan saat ditutup. Karena itu rolling door sangat ringkas dan tidak memakan ruang yang menjadi salah satu keunggulannya. Selain itu rolling door juga mudah dioperasikan, kuat, mudah dipindahkan (dibongkar pasang), tidak mudah berkarat, tahan lama.

Pintu Rolling Door dapat diaplikasikan pada berbagai jenis bangunan seperti pada garasi mobil, kios pasar,toko, kios pertokoan, ruko, kantor, pabrik, gudang, bank, showroom, tenant mall, dan lain-lain.

Apa saja komponen biaya yang mempengaruhi harga rolling door? Simak 5 hal yang mempengaruhi harga rolling door di bawah ini.

1. Jenis material rolling door

Apakah menggunakan bahan slat galvanil atau aluminium, pelatnya solid atau berlubang (perforated), berapa ketebalan material yang digunakan, tentunya sangat berpengaruh terhadap harga rolling door tersebut secara keseluruhan.

2. Ukuran rolling door

Berapa ukuran rolling doornya, semakin besar ukuran ambang pintu tentu semakin mahal harganya selain itu jika ukuran ambang pintu terlalu lebar maka mungkin perlu tambahan tiang di tengahnya. 

Biasa dalam menentukan ukuran daun pintu rolling door, pihak supplier rolling door akan menambahkan 0,22 m pada ukuran lebar dan 0,50 m pada ukuran tinggi ambang pintu atau opening.

Maksudnya bagaimana? Untuk lebih jelasnya kita ambil contoh misalnya ukuran opening pintu adalah lebar 3 m dan tinggi 4 m maka ukuran daun pintu rolling door  adalah (3+0,22) m x (4+0,50) m.

3. Sistem manual atau elektrik (memakai motor)

Tergantung ukuran dan peruntukannya, rolling door ada yang dibuka tutup secara manual, tetapi ada juga yang menggunakan motor sehingga lebih mudah dibuka tutup karena tinggal pencet tombol saja untuk membuka atau menutup pintu.

Jika menggunakan rolling door elektrik tentunya ada tambahan biaya untuk motor operatornya. Sedangkan harga motor operator untuk rolling door elektrik dipengaruhi oleh kapasitas bebannya.
Motor Rolling Door Elektrik
Motor Rolling Door Elektrik
Salah satu merek motor rolling door yang banyak digunakan adalah merek Shinsei Seiki yang tersedia dalam beberapa kapasitas beban yaitu :
  • Shinsei Seiki USA 400G untuk kapasitas beban s/d 400 kg
  • Shinsei Seiki USA 700G untuk kapasitas beban s/d 700 kg
  • Shinsei Seiki USA 1000G untuk kapasitas beban s/d 1000 kg
  • Shinsei Seiki SSA 1900G untuk kapasitas beban s/d 1900 kg
Mana tipe yang digunakan menyesuaikan kapasitas beban dengan ukuran pintu dan jenis material rolling door yang digunakan. Semakin tinggi kapasitasnya harganya tentu semakin mahal.

4. Finish cat powder coating 

Umumnya rolling door menggunakan finishing powder coating, ulasan lebih lanjut silahkan simak artikel Apa Itu Finish Powder Coating? 

Tetapi kadang ada juga rolling door besi yang menggunakan cat minyak biasa, tentu akan lebih murah harga finishingnya jika dibanding powder coating.

5. Biaya pemasangan 

Biaya pemasangan pintu tersebut termasuk dengan pemasangan motor jika menggunakan motor, tetapi di luar biaya bongkar plafon, bongkar pintu lama, maupun kaca jika diperlukan.

Demikian ulasan rumahmaterial.com tentang Rolling Door untuk pintu bangunan Anda, semoga bermanfaat.

Back To Top