Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Apa Itu Finish Powder Coating?

Kita mungkin merasa asing dengan istilah finish powder coating, padahal sebenarnya kita sudah sering melihatnya dalam kehidupan sehari-hari. Rak besi siku, kusen aluminium, bermacam-macam peralatan dan perkakas tukang adalah contoh barang yang sering menggunakan finishing powder coating.

Powder coating adalah teknik finishing sistem kering menggunakan bubuk cat (powder) yang kemudian dilelehkan dalam oven dengan suhu tinggi.

Finishing powder coating memiliki warna yang tidak mudah pudar, tidak mudah tergores, mudah dibersihkan, serta akan membuat permukaan logam Lebih tahan terhadap karat dan cuaca.

Aluminium Finish Powder Coating

Untuk material bangunan paling sering menggunakan finishing powder coating adalah kusen dan pintu aluminium. Mengapa demikian? Hal tersebut adalah karena material aluminium sangat sulit dilapisi finishing seperti cat biasa.

Simak juga artikel : Ini Dia 8 Kelebihan Kusen Aluminium 

Bagaimana cara aplikasi finishing powder coating?

Secara umum aplikasi powder coating dimulai dari pretreatment atau persiapan permukaan yang akan difinish, proses powder coating, dan curing, seperti rumahmaterial.com uraikan di bawah ini.

Pretreatment bisa terdiri atas Chemical Process (Degreasing, Rinsing, Desmutting, Chromating, Rinsing dan Drying) dan Sandblasting.

Proses Powder Coating, melapisi profil material dengan cat bubuk menggunakan alat penyemprot bermedan listrik (electric spray gun).

Proses Curing, menggunakan oven untuk memanggang profil material yang sudah dicoating dengan suhu tinggi sampai 180-220 C untuk membuat cat menjadi keras dan melekat kuat.

Apa kelebihan dan kekurangan finishing powder coating?

Kelebihan penggunaan finishing powder coating antara lain :
  1. Powder coating menghasilkan lapisan cat lebih tebal dari pada cat biasa.
  2. Permukaan lapisan powder coating akan lebih keras sehingga lebih tahan terhadap goresan.
  3. Powder coating melekat kuat dan menutup permukaan profil material dengan sempurna.
  4. Membuat permukaan logam lebih tahan terhadap karat dan cuaca.
  5. Ramah lingkungan, powder coating tidak mengandung solvent dan limbah yang berbahaya bagi lingkungan seperti cat biasa.
  6. Profil material yang dilapisi dengan powder coating umumnya tidak memiliki perbedaan penampilan antara aplikasi secara horisontal dan vertikal dibandingkan dengan cat biasa.
  7. Ada efek khusus yang dapat ditambahkan dengan menggunakan powder coating, yang sulit didapat dengan cat biasa.
  8. Waktu curing / pengeringan cat sangat cepat jika dibandingkan cat biasa.
Sedangkan kekurangan finishing jenis ini adalah : 
  1. Hanya dapat diaplikasikan pada material berbahan logam / metal. 
  2. Tidak bisa diaplikasikan jika ada sebagian material berbahan karet, karena karetnya akan meleleh.
  3. Harus sempurna dalam pengerjaannya karena tidak bisa ditouch up lagi (dilapis lagi pada bagian yang tidak sempurna) seperti ketika kita menggunakan cat biasa.
  4. Membutuhkan biaya yang cukup tinggi untuk mengoperasikan oven.
Demikian sedikit ulasan tentang finish powder coating sebagai salah satu finishing material terutama dari bahan metal seperti besi dan aluminium. Semoga bermanfaat..!  

Back To Top