5 Tips Membeli Kawat Duri Untuk Pagar

Salah satu cara untuk menambah keamanan pada pagar adalah dengan menggunakan kawat duri. Meski kadang pagar kawat duri dapat juga berdiri sendiri (dipasang pada tiang) dan tidak terletak di atas dinding pagar atau pagar brc. Fungsi dari kawat duri adalah untuk mencegah manusia atau hewan masuk ke area yang dipasangi kawat duri tersebut. 

Kawat duri banyak dipakai pada pagar rumah tinggal (untuk mencegah orang jahat memanjat pagar), area peternakan (untuk mencegah hewan pemangsa masuk ke area peternakan), padang rumput, proyek konstruksi, dan bangunan yang membutuhkan tingkat keamanan tinggi.

Ada dua jenis kawat duri yang umum di pasaran yaitu kawat duri biasa (barb wire) dan kawat duri silet (razor wire). Kawat duri silet lebih tajam dan harganya lebih mahal jika dibanding kawat duri biasa.

Kawat duri biasa
Kawat duri biasa
Kawat duri silet
Kawat duri silet
Pemasangan kawat duri sangat mudah hanya membutuhkan tiang penyangga (bisa berupa pipa atau besi siku), kawat duri, dan pengait. Tidak membutuhkan keahlian khusus untuk memasangnya.

Simak juga : Pagar Panel Beton Precast Yang Praktis Dan Ekonomis

Umumnya kawat duri dijual dalam satuan roll dengan berat sekian kg. Jika ingin membeli kawat duri kita harus tahu berapa panjang kawat duri tersebut per roll karena kadang panjangnya berbeda-beda tergantung dari produsen produknya. 

Dengan mengetahui panjang kawat duri per roll maka kita bisa memperhitungkan berapa jumlah kawat duri yang kita butuhkan dalam satuan panjang dikonversikan dengan dalam satuan roll tersebut.

Misalnya kita membutuhkan kawat duri untuk membuat pagar kawat duri 5 lajur sepanjang 100 m. Maka kebutuhan kawat durinya adalah 5 lajur x 100 m = 500 m. Jika 1 roll kawat duri panjangnya 10 m maka kita membutuhkan 50 rol kawat duri (yang perhitungannya = 500 m / (10 m/roll)).

Simak 5 tips jika ingin membeli kawat duri berikut ini :
  1. Pilih jenis kawat duri yang sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah kawat duri biasa atau kawat duri silet.
  2. Pilihlah kawat duri yang tidak mudah berkarat, paling tidak menggunakan kawat galvanis.
  3. Cek berapa berat aslinya untuk satu roll kawat duri, cari tahu apakah berat pada kemasan sudah sesuai atau timbang ulang, karena banyak yang tulisan dan berat sesungguhnya berbeda.
  4. Cek berapa panjang sesungguhnya untuk satu roll kawat duri tersebut. Sama seperti di atas, kadang panjang yang tertulis bisa beda dengan panjang yang sesungguhnya.
  5. Beli sesuai jumlah yang dibutuhkan.
Semoga dengan tips di atas Anda tidak salah beli dan dapat membeli kawat duri berkualitas baik sesuai dengan yang dibutuhkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel