Sistem Master Key Untuk Kunci Pintu

Bayangkan jika pada suatu area perkantoran terdapat banyak ruangan dan masing-masing ruangan memiliki kunci sendiri-sendiri maka akan cenderung sangat merepotkan. Untuk mengatasi hal itu solusinya adalah menggunakan sistem Master Key.

Dengan menggunakan sistem Master Key, maka satu anak kunci akan dapat digunakan untuk membuka beberapa pintu dalam groupnya. Simak juga artikel tentang Komponen Utama Harga Pintu Jendela Kayu.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Sistem Master Key?

Kelebihan Sistem Master Key antara lain:
  1. Tidak perlu membawa banyak kunci, sehingga lebih mudah dan efisien.
  2. Tidak bisa diduplikasi oleh pengguna.
  3. Cocok digunakan untuk bangunan perkantoran.
  4. Sistem Master Key dapat dibuat dengan hirarki / level akses yang kita tentukan sesuai dengan kebutuhan.
Sedangkan kekurangan Sistem Master Key antara lain:
  1. Harga kunci dan cylinder yang relatif lebih mahal untuk menggunakan sistem master key.
  2. Tidak bisa membuat kunci duplikat di tukang kunci, harus memesan dari supplier / produsen sistem master key tersebut secara langsung.
  3. Jika Master Key jatuh ke tangan orang yang salah maka akan dapat membuka pintu lain dalam groupnya.

Bagaimana Contoh Penerapan Sistem Master Key?

Dari brosur kunci Kenari Djaja dapat diambil contoh penerapan sistem Master key yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Sistem Master Key Untuk Kunci Pintu
Sistem Master Key Untuk Kunci Pintu (sumber: Brosur Kenari Djaja)
Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa AA1 sampai dengan BB5 adalah kunci untuk masing-masing pintu dengan anak kunci yang berbeda-beda.

Master Key (MK) dapat digunakan untuk membuka seluruh kunci yang berada dalam satu group. Misalnya kita membagi 4 group dengan masing-masing group 5 kunci pintu, maka MK-AA dapat membuka seluruh kunci yang berada pada group AA (AA1-AA5), MK-AB dapat membuka seluruh kunci yang berada pada group AB (AB1-AB5), dan seterusnya.

Dia tas Master key terdapat level Grand Master Key (GMK) yang dapat digunakan untuk membuka seluruh kunci dari dua group yang berbeda atau lebih, tanpa merubah fungsi kunci masing-masing. Contohnya: GMK dapat membuka seluruh kunci yang berada pada group dibawahnya (MK-A dan MK-B).

Sedangkan yang paling tinggi levelnya adalah Great Grand Master Key (GGMK) yang dapat digunakan untuk membuka seluruh kunci dari dua group besar yang berbeda atau lebih, tanpa merubah fungsi kunci masing-masing. Contohnya: GGMK dapat membuka seluruh kunci yang berada pada group pada level dibawahnya (GMK-A dan GMK-B).

Cross Key (CRK) kunci yang dapat membuka 1 kunci atau lebih dari sebuah group MK, serta 1 atau beberapa buah kunci dari group MK yang berbeda. Contoh : MK-AA juga dapat membuka kunci AA6/AB5 dari group AB.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel