Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Raised Floor, Lantai Ruang Server Dan Data Center

Raised floor atau mungkin sering disebut juga dengan access floor merupakan material lantai yang sering digunakan pada ruang server dan data center atau ruangan lain yang dengan instalasi kabel, data, dan pemipaan yang rumit.

Raised floor atau access floor berbentuk panggung yang terdiri dari pedestal, rangka, dan panel lantai dengan modul 60x60 cm yang di bawahnya terdapat ruang untuk instalasi kabel, data, dan pemipaan.


Untuk material rangka dan pedestal lantai raised floor biasa menggunakan bahan besi galvanis. Sedangkan untuk panel lantainya terdapat 3 pilihan material yaitu :
  • Calcium Sulphate Panel Raised Floor terbuat dari bahan Calcium, atau sejenis Zat Kapur
  • Wooden Panel Raised Floor terbuat dari bahan Partikel Kayu, sejenis Serbuk Kayu atau Particle Board
  • Cementitious atau Light Concrete Panel Raised Floor terbuat dari bahan Semen, atau Beton Ringan
Meski mungkin tidak semua merek produk raised floor menyediakan ketiga pilihan material panel lantai tersebut.

Untuk permukaan panel lantai ada yang tidak difinish atau tipe bare dan ada yang sudah difinish dengan vinyl anti static. Biasa digunakan tipe bare jika nantinya di atas lantai raised floor dilapisi carpet lagi. Sedangkan panel yang difinish vinyl anti static biasa untuk digunakan ruang server atau IT dan data center karena dapat menghilangkan listrik statis dari komputer sehingga dapat menjaga komputer tetap stabil dan lebih terawat.

Terdapat beberapa kelebihan menggunakan lantai raised floor yaitu :
  1. Ruangan akan terlihat bersih dan rapi karena segala macam instalasi baik kabel maupun data tersembunyi di bawah raised floor. 
  2. Ukuran panel lantai raised floor presisi dan berstandard internasional.
  3. Pemasangan lantai raised floor mudah dan cepat karena menggunakan sistem knock down.
  4. Lantai raised floor bisa dengan dibongkar pasang dan panelnya sewaktu-waktu dapat diangkat jika diperlukan.
  5. Elevasi atau ketinggian lantai raised floor dapat diatur sesuai kebutuhan.
Selain untuk ruang server atau ruang IT, lantai raised floor juga sering digunakan di ruang data center, control room, power room dan battery room, laboratorium, atau kadang ada juga yang menggunakan lantai raised floor untuk area kantor.


Ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh terhadap harga raised floor yaitu :
  1. Merek produk yang digunakan,  di pasaran terdapat bermacam-macam produk raised floor yang dapat dipilih. Produk raised floor dari Amerika dan Eropa tentunya lebih mahal jika dibandingkan dengan produk dari Jepang, apalagi produk raised floor dari China yang lebih murah lagi. 
  2. Material panel yang digunakan. Apakah material panel menggunakan calcium sulphate, particle board, atau beton ringan. 
  3. Berapa ketahanan terhadap beban static load dan dynamic load. 
  4. Berapa Luas Lantai raised floor dan ketinggian pedestalnya.
Harga material raised floor yang merupakan produk impor sangat dipengaruhi oleh kurs mata uang Rupiah terhadap Dollar Amerika (USD). Kadang supplier memberikan penawaran dalam mata uang USD untuk material lantai raised floor dan mata uang Rupiah untuk harga upah pemasangannya.

Untuk analisa harga satuan pekerjaan lantai raised floor terdiri atas jumlah harga material lantai raised floor termasuk stringer dan pedestal, harga tile lifter, dan harga upah pemasangan lantai tersebut. Seperti pernah kami bahas dalam artikel Analisa Harga Satuan Pekerjaan Raised Floor.

Tile lifter atau panel lifter atau ada yang menyebut veribor  adalah alat untuk mengangkat panel lantai raised floor untuk melakukan perawatan / maintenance atau penambahan instalasi kabel di bawah raised floor. Minimal disediakan 1 bh tile lifter untuk keperluan tersebut.


Demikian ulasan rumahmaterial.com tentang Raised Floor yang digunakan untuk lantai ruang server dan data center, semoga bermanfaat bagi Anda.

Back To Top