Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Mengenal Lebih Dekat Material Solid Surface

Solid surface? Material apa itu? Mungkin itu pertanyaan yang sering ditanyakan orang yang baru pernah mendengar namanya. Solid surface adalah material yang terbuat dari campuran acrylic, polyesteresin, dan pigmen warna yang dibentuk dengan cetakan sesuai bentuk yang diinginkan dan menjadi keras. 

Corak dan warna solid surface sangat bermacam-macam, mulai dari permukaan yang berwarna polos sampai corak seperti marmer atau granit. Kadang bahkan kita dapat memesan warna khusus yang kita inginkan. Karena bisa dibuat persis seperti marmer atau granit alam, kadang solid surface disebut juga granit sintetis.

Untuk material marmer dan granit alam pernah diulas dalam artikel rumahmaterial.com sebelumnya tentang Mengenal Material Marmer dan Granite.

Solid surface sering digunakan sebagai permukaan meja (top table) wastafel, permukaan meja (top table) pantry, meja counter resepsionis, plafond, cover kolom, dan dinding partisi di hotel, restoran, rumah sakit, bangunan komersial, apartemen atau bahkan juga di rumah tinggal.

Biasanya ketebalan solid surface yang digunakan berkisar sekitar 9 mm dan 12 mm, menyesuaikan dengan desain dan bentuk yang diinginkan. Solid surface dapat dipotong, dibentuk, dan disatukan.

Material solid surface
Material solid surface
Sebenarnya apa keunggulan dari produk solid surface ini? Paling tidak ada 7 keunggulan produk solid surface seperti kami uraikan berikut ini :
  1. Tahan terhadap goresan, tetapi masih dapat tergores meski tidak terlalu dalam yang dapat dihilangkan dengan cara memolesnya. 
  2. Tidak berpori sehingga cairan tidak dapat meresap sehingga tidak mudah kotor dan higienis karena bakteri dan jamur tidak dapat tumbuh.
  3. Ringan dan mudah dibentuk tanpa terlihat sambungan menyesuaikan dengan bentuk yang Anda inginkan, misalnya untuk cover kolom bulat tentu akan susah jika menggunakan material marmer atau granit alam.
  4. Tersedia beraneka macam corak dan warna yang dapat dipilih, bahkan bisa memesan warna khusus sesuai keinginan kita.
  5. Bersifat homogenous artinya material sisi permukaan dan sisi dalamnya sama, sehingga jika kusam dapat dipoles agar terlihat baru lagi.
  6. Mudah perawatannya, cukup dilap dengan cairan pembersih.
  7. Ekonomis, harga solid surface sangat bervariasi tetapi masih cukup ekonomis jika dibanding marmer dan granit kualitas tinggi.
Demikian artikel rumahmaterial.com tentang Mengenal Lebih Dekat Material Solid Surface, semoga bermanfaat bagi Anda...!

Back To Top