Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Exhaust Fan, Ventilasi Aktif Untuk Sirkulasi Udara Yang Baik Dalam Ruang

Sirkulasi udara sangat penting untuk kenyamanan dalam ruangan. Apa akibatnya jika sirkulasi udara kurang baik? Sirkulasi udara yang kurang baik akan menyebabkan ruangan terasa panas, pengap, dan lembab.

Jika dibiarkan terus menerus hal tersebut tentu akan memudahkan timbulnya jamur yang dapat mempengaruhi kesehatan penghuni rumah. 

Untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik dapat menggunakan sistem ventilasi silang seperti yang pernah dibahas dalam artikel Rumah Sehat, Pencahayaan Cukup Dan Sirkulasi Udara Yang Baik.

Tetapi bagaimana jika ventilasi silang tidak memungkinkan karena posisi ruangan dan keterbatasan hembusan udara, sehingga sulit untuk bersirkulasi. Misalnya ruangan tidak memiliki jendela karena samping kanan kiri rumah adalah bangunan lain. Salah satu caranya adalah menggunakan ventilasi aktif berupa ventilating fan atau sering juga disebut dengan exhaust fan.


Exhaust fan merupakan alat berupa kipas dan motor yang berfungsi menjaga suhu ruangan karena membuang udara panas dalam ruang dan menghisap udara segar dari luar masuk ke dalam ruang secara terus menerus, dapat membuang bau tidak sedap ke luar ruangan, dan dapat mengurangi kelembaban yang berlebihan di dalam ruangan.

Sekarang jika fungsinya adalah untuk membuat ruangan tidak panas, apa bedanya penggunaan Exhaust Fan dengan Air Conditioning (AC)?
  1. Dari segi kebutuhan daya listrik penggunaan AC tentunya lebih boros, sedangkan penggunaan exhaust fan lebih hemat listrik.
  2. Penggunaan AC menghasilkan udara dingin tetapi tidak menghasilkan udara segar dan menghisap oksigen baru dari luar seperti exhaust fan.
Exhaust fan ada yang dipasang di dinding atau sering disebut wall mount exhaust fan dan ada juga yang di plafon atau sering disebut ceiling mount exhaust fan. Penggunaan wall mount atau ceiling mount exhaust fan tergantung dari peruntukan dan jenis ruangan yang ada.

Umumnya ceiling mount exhaust fan digunakan di area toilet, dimana kadang orang menggabungkan saklar lampu dengan ceiling mount exhaust fan, sehingga jika lampu dinyalakan maka otomatis ceiling mount exhaust fan akan beroperasi.

Dari sisi harganya exhaust fan sangat bermacam-macam karena tergantung dari merek produknya, ukuran dan kapasitasnya, serta jenisnya.

Sebagai panduan dalam memilih produk exhaust fan, paling tidak terdapat tiga ciri produk exhaust fan berkualitas baik, yaitu memiliki daya hisap yang baik, hemat listrik, dan suara motor yang halus / tidak berisik.

Demikian sedikit ulasan rumahmaterial.com tentang Exhaust Fan Untuk Sirkulasi Udara Yang Baik Dalam Ruang semoga bermanfaat bagi Anda.

Back To Top