Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Mengenal Pasangan Dinding Bata Expose

Pada kesempatan ini rumahmaterial.com akan mencoba mengulas tentang pasangan dinding bata expose. Kalau kita beranggapan bahwa pasangan bata expose hanya pasangan bata biasa yang tidak diplester aci tentunya agak kurang tepat.

Pasangan dinding bata expose menggunakan material batu bata expose yang berkualitas baik dan harus dikerjakan oleh tukang yang terampil dan berpengalaman melakukan pekerjaan pasangan bata expose agar hasilnya baik dan rapi.

Apa kelebihan menggunakan pasangan dinding bata expose?

Ada beberapa kelebihan menggunakan pasangan dinding bata expose, yaitu :
  1. Dinding akan terlihat klasik seperti tempo dulu dan elegan.
  2. Dinding akan terkesan artistik dan natural karena berbahan alami.
  3. Warna bata merah yang terkesan hangat.

Apa material yang diperlukan untuk pasangan dinding bata expose?

Untuk pasangan bata expose material yang dibutuhkan antara lain adalah batu bata expose, serta semen, pasir, dan air untuk adukan. Untuk material batu bata expose juga ada yang berbentuk batu bata expose dan bata tempel expose. Apa bedanya?


Batu Bata Expose

Merupakan bata merah khusus berkualitas baik dengan permukaan yang halus dan ukuran yang presisi yang dalam penggunaannya tidak memerlukan plesteran untuk menampilkan sisi klasik dari bata itu sendiri seperti gambar di bawah ini.

Bata Expose

Ada juga tipe material bata expose yang terdapat lubang di tengahnya seperti gambar di bawah ini agar adukan dapat masuk ke tengah pasangan bata dan lebih mengikat pasangan bata tersebut karena bata expose tidak dfinish plester.

Bata Expose

Bata Tempel Expose

Merupakan bata hias dimana penggunaannya ditempelkan kepada dinding yang sudah ada, sehingga tidak perlu membongkar dinding lama untuk menampilkan sisi klasiknya.

Bata tempel ini juga ada beberapa macam tetapi secara garis besar terbagi atas material bata tempel yang seperti bata merah expose yang dipotong menjadi beberapa bagian dan material yang berbentuk seperti keramik dinding yang disebut terakota tile.

Kedua material tersebut akan memberikan hasil pekerjaan yang berbeda. Jika menggunakan terakota tile maka tampilan permukaan bata expose yang dihasilkan akan lebih rapi dan halus.

Karena banyaknya jenis material yang bisa digunakan untuk membuat dinding pasangan bata expose, untuk item pekerjaan ini harus jelas sebenarnya material apa yang diinginkan karena perbedaan jenis material yang digunakan tentunya akan sangat berpengaruh terhadap harga satuan pekerjaan tersebut.

Apa yang harus diperhatikan dalam menggunakan material bata expose?

Pertama pastikan material bata expose diproduksi oleh produsen yang sama untuk menghindari warna yang tidak sama persis atau belang dan ukuran yang tidak presisi.

Pekerjaan pasangan bata expose pasti lebih lama jika dibandingkan dengan pasangan bata biasa karena harus dilakukan dengan lebih hati-hati dan bersih. Harus dihindari adukan sampai mengotori permukaan bata expose, jika sampai terjadi harus langsung dibersihkan.

Permukaan bata expose harus segera dicoating untuk melindungi permukaannya dari cuaca, terutama yang berhubungan dengan area luar. Sesaat setelah pekerjaan pasangan bata expose, pastikan permukaan kering  dan bebas dari sisa adukan semen dan debu, kemudian oleskan lapisan coating dua lapis. Coating batu bata biasa juga berfungsi sebagai anti lumut dan anti jamur sehingga memudahkan pembersihan bata, mencegah warna bata.

Jenis Coating yang ada di Pasaran antara lain Coating Clear Gloss dan clear doff. Coating clear gloss  serupa dengan vernis, coating ini mengkilapkan Permukaan Bata. Sedangkan clear doff tidak membuat warna permukaan bata menjadi mengkilap. Pelapisan coating bata expose sebaiknya diulangi setiap 2-3 tahun sekali.

Demikian sedikit pembahasan tentang pasangan dinding bata expose, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Anda.

Back To Top