Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Lantai Keramik Tampak Baru Tanpa Dibongkar Dan Ganti Keramik

Keramik tile sangat banyak digunakan sebagai material penutup lantai dan dinding, terutama untuk bangunan rumah tinggal. Agar selalu bersih dan mengkilap lantai keramik tile harus selalu dibersihkan dengan cara disapu dan dipel secara berkala. Inilah yang kadang diabaikan, sehingga seiring berjalannya waktu lantai keramik menjadi kotor dan kusam ditambah lagi dengan pertumbuhan lumut dan jamur pada area yang lembab. 

Jika sudah sangat kotor dan kusam, maka kondisi keramik tile akan sulit untuk dikembalikan seperti sedia kala, terutama di area kamar mandi meski menggunakan cairan pembersih. Pada kondisi seperti ini apa yang dapat kita lakukan? 

Untuk mengatasinya salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara membongkar dan mengganti pasangan keramik tile dengan yang baru. Tentu cara ini membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang cukup lama untuk melaksanakannya.

Cara lain yang lebih mudah adalah dengan menggunakan cat khusus untuk pengecatan keramik yang dapat menjadikan keramik tampak seperti baru tanpa perlu dibongkar. Produk cat khusus keramik ini adalah CERAKOTE CTC-998 dari Propan.

Cat keramik Cerakote CTC-998

Produk ini terdiri dari 1 kg-set primer coat waterbased dan 2 kg-set top coat yang terbuat dari resin berkualitas dengan daya lekat yang baik dan memiliki ketahanan yang baik terhadap bahan kimia rumah tangga seperti : detergen, sabun, dan cairan pembersih. 

Keunggulan cat khusus keramik CERAKOTE CTC-998 antara lain adalah :
  1. Tidak berbau tajam karena menggunakan primer waterbased.
  2. Memiliki daya lekat yang sangat baik terhadap keramik.
  3. Sangat mudah merata.
  4. Memiliki ketahanan yang baik terhadap air. 
  5. Memiliki ketahanan yang baik terhadap goresan / gesekan.
  6. Mudah diaplikasikan, cukup menggunakan kuas / roll atau bisa juga disemprot menggunakan spray gun.
Kekurangan produk ini adalah permukaan keramik dan nat keramik akan dilapis dengan produk cat yang sama sehingga warnanya menjadi sama atau tidak ada perbedaan warna permukaan keramik dan warna garis nat keramik.

Hasil aplikasi cat keramik Cerakote CTC-998
Hasil aplikasi cat keramik Cerakote CTC-998 (sumber: brosur Cerakote CTC-998)
Berikut ini adalah 9 langkah dalam mengaplikasikan produk Cat khusus keramik CERAKOTE CTC-998 untuk menghasilkan hasil pekerjaan yang optimum yaitu : 
  1. Pertama dilakukan persiapan dengan cara membersihkan keramik yang akan dicat dari kerak kotoran dan jamur sampai bersih, kemudian diamplas. 
  2. Kita harus memastikan permukaan keramik dala keadaan kering sebelum memulai pekerjaan pengecatan.
  3. Campurkan satu set primer komponen A dan komponen B dengan perbandingan 4:1 kemudian aduk hingga merata. 
  4. Lapiskan Lapisan primer coat dengan kuas atau roll berkualitas baik, biarkan sampai kering benar (6 sampai 8 jam) sebelum lapisan top coat.
  5. Bersihkan peralatan dengan air segera setelah selesai pengecatan.
  6. Campurkan satu set top coat komponen A dan komponen B dengan perbandingan 4:1 kemudian aduk hingga merata. 
  7. Lapiskan top coat dengan kuas atau roll. Untuk hasil yang lebih halus cat bisa ditambah thinner dan diaplikasikan dengan cara semprot (spray gun). Tunggulah sampai kering (3 sampai 4 jam) sebelum mengaplikasikan top coat yang kedua.
  8. Bersihkan peralatan dengan air segera setelah selesai pengecatan.
  9. Setelah selesai, biarkan ruangan selama 12 sampai 16 jam (jangan dipakai dulu).
Cat khusus keramik CERAKOTE CTC-998 tersedia dalam beberapa pilihan warna yang dapat kita sesuaikan dengan desain arsitektur dan selera kita, antara lain : White, Light Alabaster, Pale Grey, Sky blue, Sea Green, Leaf Green, Black, Blue Purple, Dark Grey, Gentian Blue, Geranium Red, Traffic Yellow.

Back To Top