Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faktor Biaya Pekerjaan Pasangan Keramik dan Homogenous Tile Lantai

Pekerjaan Pasangan Keramik Lantai
Rumahmaterial.com - Lantai merupakan salah satu komponen penting dalam pekerjaan arsitektur yang sangat mempengaruhi apakah desain sebuah rumah bagus atau tidak. 

Selain itu pekerjaan pasangan lantai juga merupakan komponen biaya yang cukup besar dalam lingkup pekerjaan arsitektur.

Jenis material penutup lantai sangat beraneka ragam, tetapi pada kesempatan ini rumahmaterial.com akan secara khusus membahas tentang penutup lantai keramik dan homogenous tile.   

Untuk mengetahui perhitungan biaya pemasangan lantai keramik dan homogenous tile kita perlu mengetahui apa saja faktor penting yang harus diperhatikan yaitu :

Material keramik atau homogenous tile 

Material keramik dan homogenous tile sangat banyak macamnya di pasaran, baik merek, kualitas, ukuran, dan corak / motifnya. Simak juga artikel : Mengenal Penutup Lantai Homogenous Tile.

Untuk perhitungan material kita perlu memperhitungkan waste material sekitar 6% untuk mengantisipasi ukuran yang tanggung sehingga perlu dipotong dan material yang pecah pada saat pelaksanaan pemotongan.

Harga material keramik dan homogenous tile merupakan komponen biaya yang terbesar dari keseluruhan Biaya Pekerjaan Pasangan Keramik dan Homogenous Tile Lantai. 

Urugan Pasir urug 

Urugan pasir urug bisa digunakan bisa juga tidak. Urugan pasir urug biasa digunakan untuk mengejar elevasi atau meninggikan lantai agar adukan screed tidak terlalu tebal.

Selain itu penggunaan pasir urug 2-3 cm di antara pelat lantai beton dan mortar untuk pasangan keramik berfungsi juga mencegah popping (terlepasnya / terangkatnya pasangan keramik yang biasanya disertai suara keras seperti ledakan) dan sebagai peradam getaran.

Screed perata lantai

Sebagai alas untuk meratakan permukaan di bawah adukan perekat keramik, biasanya digunakan adukan semen pasir atau juga screed mortar instan.

Screed perata lantai umumnya digunakan pada pasangan keramik yang menggunakan adukan perekat mortar instan karena umumnya tebal adukannya hanya 3 sampai 5 mm. 

Sedangkan untuk adukan semen pasir yang agak tebal bisa langsung diaplikasikan tanpa screed perata lantai.

Adukan perekat keramik

Adukan perekat keramik dapat menggunakan produk mortar instan atau menggunakan adukan semen pasir secara manual.

Secara umum penggunaan adukan semen pasir lebih murah, tetapi penggunaan mortar instan perekat keramik memiliki mutu yang lebih baik dan konsistensi material yang baik.

Pengisi nat keramik / Tile grout
Pengisi nat keramik atau sering disebut tile grout berbeda dengan semen biasa yang memiliki tekstur keras dan getas setelah kering.

Pengisi nat keramik yang baik bersifat fleksibel, tidak mudah retak dan kotor, serta anti jamur. Pengisi nat umumnya tersedia dalam kemasan 1 kg.

Biaya pengisi nat keramik sangat dipengaruhi oleh ukuran keramiknya, semakin kecil ukuran keramik maka dibutuhkan pengisi nat keramik yang lebih banyak sehingga daya sebarnya semakin kecil.

Sebagai contoh Misal 1 kg pengisi nat keramik mempunyai daya sebar 1,9 m2 untuk keramik 20x20, daya sebar 2,85 m2 untuk keramik 30x30, dan daya sebar 3,85 m2 untuk keramik 40x40.

Upah pemasangan 

Upah pemasangan keramik bisa menggunakan sistem harian atau borongan per m2 yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Simak juga : Pakai Jasa Pemborong Atau Tukang Harian? Mana Yang Lebih Baik?

Untuk menentukan harga borongan kita harus mengetahui perkiraan produktivitas dari tukang tersebut. Misal : Jika harga satuan upah tukang batu Rp. 150.000,- / hari.

Jika dalam satu hari satu tukang tersebut bisa menyelesaikan 3 m2 pasangan keramik maka jika dihitung borongan harganya seharusnya  menjadi Rp. 150.000,- / 3 = Rp. 50.000,- / m2.

Tetapi kadang untuk sistem borongan terdapat beberapa hal yang membuat harganya sering berbeda antara satu proyek dengan yang lain, yaitu :
  1. Dimana lokasi proyeknya 
  2. Pekerjaan pemasangan lantai yang dilakukan pada malam hari, karena untuk tukang akan minta dihitung lembur tetapi pada kenyataannya kerja malam produktivitas tukang lebih kecil jika dibandingkan kerja normal.
  3. Pekerjaan pemasangan lantai pada bangunan tinggi, karena biasanya memperhitungkan biaya lansir material dari gudang material ke lokasi pekerjaan. 

Alat bantu 

Peralatan yang digunakan untuk pekerjaan pemasangan pasangan keramik atau homogenous tile, seperti mesin potong keramik, terutama mata pisaunya yang harus diperhitungkan.

(Sumber Gambar : www.lemkra.co.id)

Posting Komentar untuk "Faktor Biaya Pekerjaan Pasangan Keramik dan Homogenous Tile Lantai"