Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Kaca Lengkung Untuk Eksterior Bangunan Yang Elegan

Kaca lengkung atau curved glass merupakan kaca lembaran yang  memerlukan proses lebih lanjut dengan cara dipanaskan sampai lunak dan dicetak dengan cetakan tertentu untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan.

Kaca lengkung atau curved glass sering digunakan untuk facade bangunan, curtain wall, sudut bangunan / jendela sudut, skylight, dan sering juga digunakan untuk lemari pajang, perabotan, dan dekorasi interior. Kadang penggunaan kaca lengkung pada facade bangunan dapat menimbulkan kesan yang lebih modern dan elegan.

Kaca Lengkung (Curved Glass)

Kaca lengkung memerlukan pemesanan khusus untuk produksinya karena bentuknya yang custom sesuai pesanan. Untuk melakukan pemesanan kaca lengkung kita harus memberikan data penggunaannya untuk apa, jenis kacanya apa  dan berapa ketebalannya, bentuk yang diinginkan seperti apa, berapa ukurannya (tinggi, lebar dan radiusnya).

Kaca lengkung dapat dibuat dari mulai dari lengkung sedikit (shallow curving), lengkung 1/4 lingkaran (1/4 curving), sampai lengkung lebih dari 1/4 lingkaran (> 1/4 curving) dan dapat dibuat sampai ukuran 250 cm x 400 cm untuk tiap lembarnya dengan radius minimum 25 cm. Sebagai catatan radius kaca lengkung dihitung dari sisi dalam lengkungan.

Untuk menggunakan kaca lengkung rangka atas dan bawah kaca harus benar-benar sejajar dan ukuran lengkung kaca harus benar-benar presisi. Karena untuk kaca lengkung itu harus dilakukan pengukuran di lapangan secara langsung oleh orang spesialis kaca, tidak bisa hanya menggunakan gambar saja.  

Biasanya untuk lebih mudahnya desain kaca tidak dibuat lengkung sempurna tetapi patah-patah atau segmented menggunakan potongan lembaran kaca biasa. Dengan menggunakan potongan kaca segmented maka akan lebih mudah pelaksanaannya dan murah biayanya, meski semua tergantung lagi dari desain yang ada apakah harus menggunakan kaca lengkung atau tidak.

Karena jika menggunakan kaca lengkung, selain biayanya lebih mahal, jika suatu hari sampai pecah maka untuk menggantinya akan memerlukan waktu yang cukup lama karena kaca jenis ini tidak tersedia di pasaran dan harus melakukan pemesanan terlebih dahulu seperti sudah dijelaskan di atas.

Jangan lupa simak artikel rumahmaterial.com sebelumnya yang membahas tentang tentang Apa Beda Kaca Clear, Kaca Panasap, Dan Kaca Reflektif?

Demikian sedikit informasi tentang salah satu jenis kaca khusus yaitu kaca lengkung atau curved glass. Semoga bermanfaat bagi anda. 

Back To Top