Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Tips Mendapatkan Material Beton Berkualitas Baik

Sebelumnya kami pernah mengulas tentang jenis perkerasan jalan lingkungan apa yang tepat untuk kita dalam artikel Lebih Baik Menggunakan Jalan Paving, Aspal, Atau Beton? Dalam artikel tersebut ada komentar dari salah satu pembaca yang ingin agar rumahmaterial.com mengulas tentang cara mendapatkan material beton berkualitas baik.

Setidaknya ada dua hal yang sangat berpengaruh terhadap kualitas pekerjaan struktur beton yaitu kualitas material yang baik, dan cara pelaksanaan yang benar seperti pernah kami bahas di artikel 8 Tahapan Pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi Beton.

Cor Beton Readymix

Pada kesempatan ini kami coba membahas dari sisi kualitas material terlebih dahulu khususnya untuk material beton yang terdiri dari beton sitemix dan beton readymix.

Material Beton Sitemix

Beton sitemix atau cor ditempat yang berkualitas baik tentunya terbuat dari material komponen pembentuknya yang berkualitas baik pula seperti semen, pasir beton, kerikil / batu split, dan air. Selain itu komposisi masing-masing komponen itu juga harus tepat sesuai mix desain yang telah ditentukan untuk membuat beton dengan mutu beton tertentu. 

Semen berkualitas baik untuk bahan beton memiliki ciri-ciri : 
  1. Hangat jika dipegang oleh tangan (tandanya tidak kadaluarsa), 
  2. Tidak menggumpal
  3. Masih beraksi yang jika digenggam dengan tangan maka akan jatuh berhamburan.
Kerikil dan Pasir Beton (Agregat) berkualitas baik untuk bahan beton memiliki ciri-ciri :
  1. Keras dan tidak mudah hancur
  2. Tidak  mengandung garam, karena garam dapat menyebabkan pemekaran beton akibat “bunga-bungan kristal” ( eflorescences ) dari garam, dan dapat mengakibatkan korosi pada besi tulangan di dalamnya.
  3. Tidak mengandung mineral logam, terutama besi ( Fe ).
  4. Tidak mengandung bahan organik seperti biji-bijian yang mudah tumbuh.
  5. Kadar lumpur, tanah liat dan debu dalam agregat maksimal adalah 2 %. 
Air, berkualitas baik untuk bahan beton memiliki ciri-ciri :
  1. Tidak mengandung bahan organik, seperti sisa tumbuhan.
  2. Tidak mengandung bahan kimia yang dapat merusak mutu beton, seperti besi, sulfat dan klorida 
  3. Tidak mengandung minyak, karena akan menghambat hidrasi yang diperlukan oleh beton untuk ikatan awal.
  4. Tidak mengandung garam.

Material Untuk Beton Readymix

Untuk membeli beton readymix sedapat mungkin kita hubungi supplier beton readymix yang sudah terkenal atau memiliki nama. Paling tidak dengan demikian mereka akan lebih menjaga mutu produknya dan biasanya mereka mempunyai standar mutu yang lebih baik. 

Biasanya jika kita memesan beton readymix, dari pihak supplier akan melakukan survei ke lokasi proyek untuk memastikan lokasi proyek  tersebut masih terjangkau dari lokasi batching plant karena beton memiliki waktu kadaluarsa sekitar dua jam akan setting atau mengeras.

Untuk beton readymix yang digunakan umumnya dengan mutu beton K-250, K-300 atau K-350 tergantung dari desain rencananya dengan nilai slump 12 +/- 2 cm dan umumnya juga dipilih beton tipe NFA atau non fly ash. 

Terus terang kita tidak bisa mengetahui saat itu juga kalau beton yang datang memiliki mutu sesuai yang kita pesan jadi kita perlu melakukan beberapa tahapan pemeriksaan dan pengujian sebelum melaksanakan pekerjaan pengecoran beton sebagai berikut :
  1. Periksa surat jalan material readymix yang di dalamnya biasa tercantum waktu keberangkatan truck mixer dari batching plant. Dari situ kita bisa melihat apakah beton masih layak dipakai atau tidak. Jangan sampai beton ditambah air untuk menghambat proses setting karena akan menurunkan mutu beton.
  2. Periksa nilai slump beton dengan cara melakukan slump test untuk mengetahui workabilty beton segar. Dari hasil slump test ini maka akn dapat diketahui beton segar masih layak atau tidak untuk digunakan.
  3. Ambil sampel benda uji dari tiap truck mixer atau secara acak, tergantung dari volume pengecoran. Lakukan pengujian kuat tekan sampel yang diambil di laboratorium beton independen atau laboratorium beton supplier readymix.
Jangan lupa simak artikel kami sebelumnya tentang beton readymix dalam artikel Beton Readymix Solusi Praktis Dan Jaminan Kualitas untuk Pekerjaan Struktur Bangunan.

Demikian sedikit informasi tentang Tips Mendapatkan Material Beton Berkualitas Baik yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, semoga bermanfaat...!

Back To Top