Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

7 Cara Membuat Rumah Anda Hemat Energi

Pengeluaran terbesar yang rutin setiap bulan untuk rumah kita biasanya terdiri dari biaya listrik dan air. Sebenarnya ada beberapa cara untuk menghemat pengeluaran tersebut jika kita dapat merancang bangunan rumah yang hemat energi, meski kadang biaya pembangunan mungkin relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan membangun bangunan biasa.

Apa saja yang dapat kita lakukan dalam merancang rumah yang hemat energi? Simak 7 cara yang dapat membuat rumah anda hemat energi di bawah ini.



1. Tentukan arah hadap rumah dan arah bukaan yang tepat

Sedapat mungkin pilihlah arah rumah dengan bukaan pintu dan jendela menghadap utara atau selatan agar tidak terpapar matahari secara berlebihan seperti jika menghadap barat atau timur. Untuk arah barat dan timur lebih baik jika menggunakan sedikit bukaan atau bila perlu menggunakan secondary wall atau tambahan dinding, misalnya dengan menggunakan tanaman rambat, grill aluminium, atau bisa juga partisi 1 muka untuk dinding fa├žade. Atau mungkin juga dapat menambahkan tanaman pada sisi timur dan barat untuk menahan paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan, tentunya jika luas lahannya memungkinkan,  

2. Pilih material yang dapat meredam panas

Misalnya untuk dinding lebih baik menggunakan material bata ringan yang dapat lebih meredam panas jika dibandingkan menggunakan material bata merah. Selain itu dapat juga menggunakan material insulasi di bawah atap agar ruangan dibawahnya tidak terasa panas.

3. Gunakan ventilasi silang

Dengan sistem ventilasi silang antara dua bukaan yang terhubung maka udara dalam ruangan dapat mengalir sehingga ruangan tidak panas dan tidak banyak memerlukan penggunaan AC. Seperti kita ketahui AC merupakan peralatan yang paling banyak menggunakan daya listrik, karena konsumsi listrik yang besar dan waktu pemakaian yang lama. Sehingga jika kita bisa mengurangi penggunaan AC maka otomatis akan menghemat biaya listrik bulanan.

4. Buat Penambungan Air Hujan 

Kita dapat memanfaatkan air hujan untuk menyiram taman misalnya, caranya adalah dengan membuat bak penampungan sementara agar air hujan dapat digunakan kembali. Selain itu air dari unit AC juga dapat dialirkan ke penampungan air tersebut. 

5. Maksimalkan pencahayaan alami

Dengan membuat bukaan yang cukup maka cahaya matahari dapat menjadi sumber pencahayaan pada siang hari. Selain itu bisa juga dengan membuat skylight dari kaca pada salah satu bagian atap rumah. Jika kita dapat memaksimalkan pencahayaan alami tentunya penggunaan lampu akan berkurang, mungkin cukup digunakan pada waktu cuaca mendung atau juga malam hari.

6. Pilih Peralatan yang hemat energi

Misalnya untuk AC kita menggunakan kapasitas yang sesuai dengan ukuran ruangan dan memilih untuk menggunakan tipe low watt yang lebih hemat listrik sedangkan untuk lampu bisa menggunakan lampu LED yang membutuhkan konsumsi listrik yang lebih sedikit.


7. Gunakan tenaga surya

Mungkin tenaga surya bisa digunakan untuk beberapa elemen bangunan seperti lampu taman dan water heater yang menggunakan panel surya. Dengan menggunakan water heater tenaga surya maka kita akan mendapatkan air panas secara gratis, tidak perlu biaya listrik dan gas lagi, meskipun mungkin masih perlu biaya perawatan alat tersebut. Demikian juga untuk lampu taman dan lampu lain yang mungkin selalu menyala dalam jangka waktu lama juga dapat dipilih yang dilengkapi panel surya. 

Demikian sekilas ulasan yang dapat rumahmaterial.com sampaikan tentang 7 cara membuat rumah anda hemat energi, semoga bermanfaat…!

Back To Top