Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Bata Ringan AAC Block : SAVIRCON

Untuk lebih memperhatikan standar mutu serta produktivitas kerja dalam meningkatkan kualitas pembangunan konstruksi diperlukan suatu bahan material bangunan yang memiliki beberapa keuntungan, seperti bentuk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifikasi teknis, daya tahan yang kuat, kecepatan pelaksanaan konstruksi serta ramah lingkungan. Pesatnya pertumbuhan teknologi dibidang konstruksi telah menemukan inovasi dalam bahan material bangunan untuk dinding, yang sekarang sudah digunakan secara luas di berbagai proyek pembangunan, yaitu bata ringan. 

Bata ringan disebut juga beton ringan, adalah material yang memiliki sifat kuat, ringan, tahan air/ api, tingkat dimensi yang akurat dan tahan lama yang dibuat oleh pabrik dengan menggunakan mesin otomatis dan komputerisasi. Bata ringan memiliki berat jenis (density) lebih ringan daripada bata pada umumnya. 

Bata Ringan AAC Block : SAVIRCON

Ada 2 jenis bata ringan yang beredar, yaitu CLC (Cellular Lightweight Concrete) dan AAC (Autoclaved Aerated Concrete). Yang membedakan keduanya adalah proses produksinya. Bata ringan AAC membutuhkan pabrikasi, tim ahli yang berpengalaman untuk mengoperasikan pabrik dan peralatan canggih, hasil produksi pun jauh lebih banyak dalam per hari. Bata ringan CLC menggunakan proses curing secara alami, peralatan yang digunakan standard.

Bata ringan AAC dihasilkan melalui proses teknologi modern aerasi dan autoklaf, yaitu adonan bata dimasukkan dalam bejana yang terbuat dari tabung baja berdiameter 3 meter dan panjang 45 meter. Di dalam autoclaved ini adonan bata diberi tekanan uap air dengan tekanan tinggi dan suhu sekitar 200 derajat celcius. Dalam proses ini terjadi reaksi bahan material yang digunakan sehingga menghasilkan pori-pori berupa udara didalam. Pori-pori ini yang membuat bata menjadi ringan. 

Bata Ringan AAC Block : SAVIRCON

Bata ringan SAVIRCON adalah bata ringan yang dihasilkan dari proses Teknologi AAC atau  Autoclaved Aerated Concrete disebut juga AAC Block SAVIRCON. Tersedia dalam ukuran : Standar ( 60 x 20 x 7,5 cm / 10 cm / 12,5 cm / 17,5 cm / 20 cm ) dan Jumbo (60 x 40 x 7,5 cm / 10 cm / 12,5 cm / 17,5 cm / 20 cm / 25 cm ). 

Keunggulan dari bata ringan AAC Block SAVIRCON adalah standar internasional, ringan, kuat, ukuran presisi, mudah dipotong, ekonomis, ramah lingkungan, cepat & mudah dikerjakan, kedap suara, tahan panas. Selain itu bata ringan AAC Block SAVIRCON memiliki permukaan bersisik sehingga bata mudah untuk diplester. 

Penjelasan tambahan tentang keunggulan material bata ringan dapat disimak dalam artikel rumahmaterial.com sebelumnya tentang 10 Kelebihan Material Dinding Bata Ringan

Demikian sekilas informasi mengenai bata ringan dengan teknologi AAC yaitu AAC Block SAVIRCON, harapan kami dapat menambah pengetahuan dan referensi bagi yang membutuhkan material bata ringan. Mari membangun Indonesia berkualitas!

(Note: materi artikel merupakan kiriman dari PT. Sarvicon Mandiri Internusa)

Back To Top