Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Beberapa Jenis Semen Portland Yang Ada Di Indonesia

Portland Cement atau Semen Portland merupakan salah satu material / bahan bangunan yang utama. Ternyata jenis / tipe semen ada beberapa macam, pada kesempatan ini rumahmaterial.com akan mencoba membahas mengenai jenis-jenis semen yang ada di Indonesia khususnya dari merek Tiga Roda.

Gambar Tipe
SEMEN PORTLAND JENIS I (Portland Cement Type I)

SEMEN PORTLAND JENIS I
(Portland Cement Type I)

Merupakan jenis semen untuk keperluan yang umum dan cocok untuk semua aplikasi yang tidak membutuhkan sifat khusus dari semen tipe yang lain.

Standard : SNI 15-2049-2004, ASTM C150-04a
EN 197-1:2000 (42.5 N & 42.5R)
SEMEN PORTLAND KOMPOSIT (Portland Composite Cement)

SEMEN PORTLAND KOMPOSIT
(Portland Composite Cement)

Semen jenis ini hampir sama dengan semen tipe I dapat digunakan untuk berbagai pekerjaan konstruksi tetapi menghasilkan panas hidrasi lebih sedikit jika dibandingkan semen tipe I selama proses curing.

Standard : SNI 15-7064-2004
EN 197-1:2000 (42.5 N & 42.5R)
SEMEN PORTLAND JENIS II (Portland Cement Type II)

SEMEN PORTLAND JENIS II
(Portland Cement Type II)

Semen Portland Jenis II adalah semen dengan ketahanan sulfat sedang. Semen jenis ini banyak digunakan di daerah-daerah yang berkadar sulfat sedang, antara lain  untuk konstruksi beton expose yang berhubungan dengan permukaan tanah atau air tanah dengan konsentrasi sulfat melebihi batas normal. Sering digunakan untuk pondasi dengan ukuran  besar dan dinding penahan tanah yang tebal.

Standard : SNI 15-2049-2004
ASTM C 150-04a
SEMEN PORTLAND JENIS V (Portland Cement Type V)

SEMEN PORTLAND JENIS V
(Portland Cement Type V)

Semen Portland Jenis V digunakan untuk aplikasi beton expose ke tanah maupun air tanah dengan kadar sulfat yang tinggi, misalnya daerah-daerah rawa dengan tingkat keasaman tinggi, dermaga (bangunan-bangunan pantai), bendungan, pondasi jembatan, silo bahan-bahan kimia dan lain-lain. Semen jenis V mencapai kekuatan lebih lambat dibandingkan jenis I

Standard : SNI 15-2049-2004
ASTM C 150-04a
SEMEN PUTIH (White Portland Cement)

SEMEN PUTIH
(White Portland Cement)

White Cement (Semen Putih) merupakan jenis semen bermutu tinggi. Semen Putih terutama digunakan untuk keperluan pekerjaan-pekerjaan arsitektur, precast dan GRC panel, permukaan teraso, stucco, cat semen, nat ubin atau keramik serta struktur yang bersifat dekoratif.

 Semen Putih dibuat dari bahan-bahan baku pilihan yang rendah kandungan besi dan magnesium oksidanya (bahan-bahan tsb. menyebabkan semen berwarna abu-abu). Semen Putih dapat juga digunakan untuk proses konstruksi pada umumnya.

Standard : SNI 15-0129-2004
ASTM C 150-04a
SEMEN SUMUR MINYAK (Oil Well Cement)

SEMEN SUMUR MINYAK
(Oil Well Cement)

Oil Well Cement (OWC) digunakan untuk penyekat pada pengeboran sumur minyak. Oleh karenanya semen jenis ini juga disebut semen sumur minyak. Kekokohan semen tergantung pada serangan sulfat dengan kadar, suhu dan tekanan yang tinggi selama proses pemompaan berlangsung. Dikarenakan keharusan waktu pemekatan yang ketat, maka OWC diproduksi dengan standar mutu yang ketat sesuai dengan standar API (American Petroleum Institute).

Standard : SNI 15-3044-1992
API Spec 10A Class G-HSR

Demikian sedikit ulasan tentang macam-macam jenis semen portland yang ada di Indonesia khususnya sebagai contoh adalah produk-produk semen Tiga Roda dari Indocement. Ternyata terdapat beberapa macam jenis semen yang bisa dipilih sesuai dengan peruntukannya. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang material ini.

Sumber: Brosur Semen Tiga Roda

Back To Top