Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Hollow Core Slab Untuk Lantai Beton Yang Lebih Efisien

Pekerjaan pelat lantai beton merupakan sistem konvensional kadang membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Diawali dengan pekerjaan bekisting, pembesian, dan cor material beton, tentunya secara total akan membutuhkan waktu yang cukup panjang. Tetapi ternyata ada sistem beton precast untuk mempercepat pelaksanaan pekerjaan pelat lantai beton yaitu menggunakan material Hollow Core Slab (HCS).

Apa yang dimaksud dengan Hollow Core Slab (HCS)? 

Hollow Core Slab (HCS) adalah material pelat beton prestressed precast berongga yang berfungsi sebagai pengganti pelat lantai beton. HCS dapat digunakan untuk bangunan struktur beton dan struktur baja serta cocok untuk berbagai jenis bangunan seperti rumah tinggal, ruko, mall, gedung parkir, hotel, apartemen, dan lain-lain.. Umumnya material HCS menggunakan beton readymix dengan mutu beton K-450. 

Hollow Core Slab (HCS)

Bagaimana aplikasi material Hollow Core Slab (HCS)?

HCS dapat diaplikasikan di atas struktur baja maupun struktur beton. Material HCS diangkat ke atas dengan menggunakan hoist, mobile crane, atau juga tower crane untuk bangunan yang tinggi. 

Apa keunggulan penggunaan Hollow Core Slab (HCS)?

Penggunaan Hollow Core Slab (HCS) memiliki beberapa keunggulan sebagai beikut :
  1. HCS Lebih ringan jika dibandingkan beton bertulang sistem konvensional karena rongga di tengahnya, dengan beban sendiri lebih ringan tentunya akan mengurangi dimensi struktur bangunannya.
  2. Dengan berkurangnya dimensi struktur (kolom dan balok) tentunya akan menghasilkan luas ruangan bersih (luas netto) yang lebih besar.
  3. Pemasangan mudah dan cepat, serta tidak memerlukan scafolding sehingga lantai di bawahnya bisa langsung melakukan pekerjaan finishing.
  4. Tidak memerlukan pekerjaan bekisting beton karena menggunakan sistem precast.
  5. Permukaan bawah material HCS umumnya sudah rapi / expose finish sehingga bisa menjadi permukaan plafon expose.
  6. HCS menggunakan sistem prestressed (prategang) yang menghasilkan lendutan sangat kecil.
Demikian sedikit informasi tentang Hollow Core Slab Untuk Lantai Beton Yang Lebih Efisien, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mempertimbangkan alternatif material untuk pelat lantai beton bertulang sebagai lantai atas bangunan anda.

Back To Top