Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Panel Beton Precast Untuk Façade Bangunan

Panel beton precast merupakan salah satu material yang cocok untuk façade atau dinding luar bangunan bertingkat dengan modul yang tipikal. Dengan menggunakan material panel beton precast maka pekerjaan façade bangunan akan lebih cepat dengan kualitas yang lebih terjamin baik dari segi kekuatan maupun kerapihan karena biasanya panel beton precast sudah difinish rata dan halus permukaannya. 

Sebagai contoh salah satu produk panel beton precast untuk façade adalah dari Dusaspun. Produk panel beton precast dari Dusaspun ini ada 2 macam yaitu panel solid beton precast dan panel M-Cast Light Weight. Kedua tipe panel beton ini menggunakan mutu beton K-300 yang diperkuat dengan besi tulangan (biasa menggunakan besi wiremesh). 

Salah Satu Proyek Yang Menggunakan Panel Beton Precast Untuk Façade Bangunan
(Gambar: Dusaspun.com)
Umumnya panel solid beton precast diproduksi dengan ketebalan 10 cm dengan berat +/- 240 kg/m2. Sesuai namanya panel solid beton precast material panel dinding precast yang menggunakan material beton bertulang secara penuh. 

Sedangkan panel M-Cast Light Weight umumnya diproduksi dengan ketebalan 12 cm dengan berat +/- 200 kg/m2 merupakan material panel dinding precast yang terdiri dari material beton bertulang, Expanded Polystyrene Super Foam, dan beton bertulang lagi.

Secara kualitas dan kekuatan sebenarnya sama saja, tetapi keunggulan M-Cast Light Weight dibandingkan dengan solid precast beton terutama ada pada beratnya yang lebih ringan. Selain itu lapisan  Expanded Polystyrene Super Foam di dalamnya juga menjadi peredam panas dan suara yang baik.

Dari segi harga panel facade beton sangat tergantung dari bentuk modul, ukuran modul, dan volume pekerjaannya tetapi dari info yang kami peroleh, harga panel precast solid 10 cm sedikit lebih mahal dari panel M-Cast Light Weight 12 cm. 

Info dari pihak suppliernya, M-Cast Light Weight lebih banyak digunakan karena : lebih ringan (lebih mudah pemasangannya dan tidak terlalu membebani struktur), lebih murah sedikit jika dibandingkan solid precast beton, M-Cast Light Weight merupakan peredam panas dan suara yang baik (karena peredam panas yang baik, maka otomatis akan mempengaruhi penghematan energi penggunaan AC).

Jika volume sedikit maka jatuhnya akan mahal jika menggunakan material panel beton precast untuk façade bangunan, karena panel ini diproduksi sesuai pesanan / gambar rencana masing-masing bangunan sehingga ini juga mempengaruhi biaya penggunaan cetakan beton / moldingnya. Selain itu salah satu kekurangannya adalah untuk pemasangan panel beton precast membutuhkan alat Crane, karena cukup berat untuk mengangkatnya. Biasa material ini sering digunakan untuk bangunan tinggi dengan ukuran modul yang tipikal, seperti hotel dan apartemen.

Demikian ulasan singkat dari rumahmaterial.com tentang Panel Beton Precast Untuk Façade Bangunan, untuk info lebih lanjut silahkan hubungi suppliernyan langsung. Semoga bermanfaat…!

Back To Top