Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Komponen Penting Biaya Sewa Alat Berat Excavator

Excavator merupakan alat berat yang sangat membantu untuk pelaksanaan konstruksi khususnya pekerjaan galian tanah dengan volume yang besar contohnya pada pekerjaan galian tanah untuk basement bangunan.

Tetapi karena harga unit excavator yang cukup mahal dan pekerjaan tanah degan volume besar tidak terlalu sering, kadang sewa alat berat excavator menjadi pilihan yang tepat bagi sebagian kontraktor.  

Alat Berat Excavator
Seperti pernah dibahas rumahmaterial.com dalam posting Perhitungan Biaya Sewa Alat Berat Excavatorkomponen penting biaya sewa alat berat excavator antara lain :

Biaya Mobilisasi dan Demobilisasi Excavator

Untuk mendatangkan alat berat excavator biasanya diangkut dengan menggunakan trailer. Biaya untuk mendatangkan biaya mobilisasi dan demobilisasi biasa dihitung lumpsum atau 1 ls yang besarnya tergantung dari jarak lokasi proyek ke pool penyewa alat, semakin jauh jarak lokasi proyek maka biaya mob demob juga semakin besar.

Biaya Sewa Alat Excavator

Biaya untuk sewa alat excavator biasa dihitung per jam dengan asumsi lama kerja 8 jam per hari. Biaya sewa alat ini bisa berbeda-beda juga tergantung dari umur alat dan kelengkapan surat/dokumen seperti SILO (Surat Ijin Layak Operasi). Pastinya alat berat dengan umur masih muda / baru dan dilengkapi dengan SILO akan lebih mahal jika dibandingkan dengan alat yang sudah tua dan tidak dilengkapi dengan SILO, karena alat yang sudah tua lebih rentan terkena masalah dan kerusakan yang nantinya akan mempengaruhi produktivitas alat tersebut. 

Biaya Upah Operator Excavator

Untuk biaya upah operator biasa dihitung per hari yang besarnya bisa berbeda-beda tergantung dari keterampilan dan pengalaman personel operator tersebut selain itu juga dari apakah operator tersebut memiliki SIO (Surat Ijin Operator) yang dikeluarkan oleh depnaker / dinas terkait. Operator yang memiliki SIO dan pengalaman yang cukup seharusnya akan lebih terjamin produktivitasnya dan mengerti tentang keselamatan kerja, karena jika tidak hati-hati dan mengerti pengoperasian alat dengan benar bisa terjadi kecelakaan kerja seperti excavator terguling, dan lain-lain.   

Biaya Bahan Bakar / Solar

Untuk Biaya bahan bakar / solar biasanya dihitung per liter ditanggung oleh penyewa yang kebutuhannya juga bisa berbeda tergantung jenis dan kapasitas alat excavator.

Back To Top