Apa Itu Rabat Beton Lantai Kerja? Apa Fungsinya?

Rabat beton lantai kerja atau sering disebut lean concrete merupakan lapisan beton bermutu rendah dengan ketebalan umumnya sekitar 5 cm yang biasa terbuat dari campuran beton sitemix 1 pc : 3 ps : 5 kr.

Tetapi bisa juga menggunakan beton readymix B0 atau readymix K-125 (tergantung persyaratan dari pihak Perencana). Rabat beton lantai kerja biasa diperhitungkan dalam satuan m3 atau dapat juga dalam m2.

Rabat beton lantai kerja biasa ada di antara urugan pasir urug dan pondasi serta sloof beton bertulang. Fungsi dari rabat beton lantai kerja antara lain adalah :
  1. Untuk memudahkan pekerja berdiri (tidak kotor dan becek)
  2. Sebagai cetakan atau bekisting beton pada sisi bawah yang bersifat permanen
  3. Sebagai perata permukaan dan penstabil permukaan
  4. Sebagai penahan kelembaban / rembesan air
Selain itu dengan menggunakan beton lantai kerja pada saat pelaksanaan pekerjaan pembesian pondasi akan dapat dilaksanakan dengan kondisi yang lebih bersih / tidak kotor oleh tanah. 

Rabat Beton Lantai Kerja

Setelah lantai kerja mengeras baru dilaksanakan pekerjaan pembesian tulangan beton untuk pondasi dan sloof, kemudian dilakukan pekerjaan bekisting sisi sampingnya, dan terakhir dilakukan pekerjaan pengecoran betonnya.

Demikian sekilas ulasan tentang lantai kerja, salah satu jenis pekerjaan yang hampir selalu ada di proyek konstruksi, terutama untuk pembagunan rumah tinggal. Semoga bermanfaat. 

3 Komentar untuk "Apa Itu Rabat Beton Lantai Kerja? Apa Fungsinya?"

  1. terimakasih informasinya sangat membantu

    BalasHapus
  2. Biasanya sudah tersedia pada penyedia Rabat betonnya

    BalasHapus

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon untuk tidak menyampaikan komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel karena tidak akan kami terbitkan. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel