6 Tips Renovasi Rumah Anda

Membeli rumah bekas atau rumah second biasanya memerlukan proses renovasi, karena meski kondisi bangunan rumah masih bagus kadang ada saja yang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Selain itu proses renovasi memang sebaiknya dilakukan sebelum kita tinggal di rumah tersebut karena pastinya akan menyebabkan banyak debu dan kotoran.

Proses Renovasi

Pada kesempatan ini rumahmaterial.com akan berbagi 6 tips tentang renovasi rumah berkaca dari apa yang pernah kami lakukan.

1. Jangan terburu-buru dalam merenovasi rumah
Ambilah waktu yang tepat, rencanakanlah dengan matang agar tidak menyesal di kemudian hari. Selalu siapkan rencana cadangan jika ternyata terdapat hambatan/masalah dalam pelaksanaannya.

2. Siapkan dana yang cukup 
Cek kondisi keuangan Anda, pastikan tersedia dana yang cukup untuk melakukan renovasi agar proses pelaksanaan renovasi dapat dilakukan dengan lancar sampai selesai.

3. Periksa kondisi bangunan secara keseluruhan 
Terutama kondisi atap bangunan saat ini, karena salah satu masalah bangunan rumah tinggal adalah kebocoran atap. Meski terkesan sederhana tetapi kadang penanganannya cukup merepotkan.

Selain itu cek juga apakah rumah terkena hama rayap atau tidak, karena penanganan rayap yang menggunakan bahan pestisida yang sedikit banyak berpengaruh pada kesehatan manusia akan lebih baik dilakukan sebelum rumah tersebut ditinggali.

4. Pilihlah material yang umum digunakan dan ada di pasaran
Sebagai contoh saat melakukan renovasi dan akan melakukan pekerjaan pengecatan kami ingin menggunakan cat sekelas ICI dulux tetapi disarankan oleh pihak jasa pengecatan menggunakan merek lain yang katanya kualitasnya setara tetapi lebih murah. 

Karena tergiur dengan tawaran tersebut maka kami turuti, tetapi ternyata produk tersebut merupakan produk khusus yang langsung dijual ke proyek-proyek dan tidak dijual retail di toko bahan bangunan / tidak ada di pasaran. Akibatnya sekarang jika ingin mengecat ulang bidang yang kecil juga susah mendapatkan material cat tersebut.

5. Gunakan tukang yang terampil dan berpengalaman 
Karena jika tidak maka penggunaan material berkualitas pun akan sia-sia akibat pemasangan yang salah dan tidak rapi.

6. Tambahkan cadangan material tertentu 
Misalnya keramik lantai tambahkan volume material untuk cadangan perbaikan di kemudian hari, karena dikhawatirkan produk tersebut sudah tidak diproduksi lagi seperti yang pernah kami bahas di artikel Cara Menghitung Material Keramik Tile Lantai.
Demikian 6 tips tentang renovasi rumah yang dapat kami bagi dan mungkin bermanfaat bagi anda yang sedang dalam proses renovasi rumah tinggal. 

Belum ada Komentar untuk "6 Tips Renovasi Rumah Anda"

Posting Komentar

Ada pertanyaan atau komentar?
Silahkan sampaikan komentar anda pada form di bawah ini. Tetapi mohon untuk tidak menyampaikan komentar spam, menanam link, dan komentar yang tidak sesuai topik artikel karena tidak akan kami terbitkan. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel