Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Komponen Utama Biaya Pondasi Bored Pile (Sistem Wash Boring)

Pondasi Bored Pile atau pondasi tiang bor merupakan alternatif jenis pondasi tiang yang biasa digunakan selain menggunakan pondasi tiang pancang. Salah satu sistem dalam pengeboran pondasi bored pile adalah washboring.

Dalam pelaksanaan dengan sistem wash boring terdapat beberapa komponen biaya pekerjaan bored pile yang harus diperhatikan antara lain : 
  1. Marking dan penentuan titik pondasi bored pile.
  2. Mobilisasi dan demobilisasi alat bored pile, yang merupakan biaya untuk mendatangkan alat bored pile
  3. Transportasi dan akomodasi pekerja di lapangan.
  4. Pembersihan lokasi terhadap sisa bangunan lama serta pembobokan pelat beton pada titik lubang bored pile jika ada. 
  5. Listrik dan air kerja untuk mendukung pekerjaan bored pile.
  6. Pengeboran pondasi bored pile dengan sistem wash boring.
  7. Pembuangan lumpur bekas pengeboran ke luar lokasi proyek.
  8. Material besi tulangan dan kawat ikat serta upah perakitan besinya.
  9. Material beton readymix (biasa menggunakan beton dengan slump 16 cm) serta upah pengecoran beton dengan pipa tremie.
  10. Biaya stand by alat bored pile.
Besarnya biaya pengeboran dipengaruhi oleh besar diameter lubang bor serta jenis tanahnya. Semakin kecil diameter lubang bor, maka biaya pengeboran semakin murah, contoh : untuk pengeboran pondasi bored pile dengan diameter 30 cm lebih murah jika dibandingkan dengan diameter 40 cm. Terdapat juga tambahan biaya untuk kondisi tanah berupa pasir karena perlu menggunakan lumpur bor / bentonite dan kondisi tanah berupa gravel, cadas keras, dan batu pasir (sand stone).

Alat Bored Pile Sistem Wash Boring
Alat Bored Pile Sistem Wash Boring 
Selain itu perlu juga diperhitungkan biaya idle (stand by) alat jika pelaksanaan pekerjaan bored pile tidak bisa langsung dilakukan misalnya :  dihentikan warga, lokasi belum siap sepenuhnya, terdapat perubahan desain. Biasanya spesialis bored pile mengenakan biaya stand by alat bored pile yang dihitung per hari misalnya 1 juta rupiah per alat per hari. 

Dan umumnya spesialis bored pile menetapkan minimum biaya pengeboran, bisa dalam satuan lumpsum biaya atau  dalam satuan volume, misal : minimum biaya pengeboran Rp. 25 juta atau misalnya minimum volume 2000 m’.  Jadi jika volume pekerjaan pengeboran bored pile tidak mencapai angka tersebut akan dikenakan biaya minimum.

Back To Top