Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Pagar Proyek Dari Panel PPDU

Pagar Panel PPDU

Rumahmaterial.com - Pagar proyek merupakan salah satu item pekerjaan persiapan yang hampir selalu ada pada setiap pelaksanaan proyek konstruksi.

Pagar proyek  berfungsi untuk menjamin keamanan kerja di lingkungan proyek dan sebagai pemisah aktivitas luar dan dalam area proyek.

Simak juga artikel sebelumnya tentang : Pagar Sementara Untuk Proyek Konstruksi.

Material untuk pagar proyek ini bermacam-macam bisa menggunakan seng gelombang, zincalume, dan juga panel PPDU. Pada kesempatan ini kami akan khusus membahas pagar proyek dari panel PPDU.

Apa itu pagar proyek PPDU?

Pagar proyek PPDU merupakan salah satu jenis pagar proyek yang biasa digunakan oleh kontraktor-kontraktor besar dalam pelaksanan proyek mereka. 

Pagar ini menggunakan material panel PPDU ( Panel Plastik Daur Ulang ) atau disebut juga pagar RPP (Recycling Plastic Panel).

Material panel PPDU sendiri terbuat dari material UPVC (Unplasticized Poly Vynil Chloride) atau ada juga yang terbuat dari material PVC (Poly Vynil Chloride) tergantung dari merek produknya.

Umumnya tiap panel memiliki ketebalan 10 mm lebar 500 mm dengan panjang sampai 6 m yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan proyek.

Pagar Panel PPDU

Apa keunggulan dan kekurangan pagar proyek panel PPDU?

Keunggulan dari pagar panel PPDU antara lain adalah :

  1. Ringan dan mudah dipasang.
  2. Tidak memerlukan alat bantu khusus dalam pemasangannya.
  3. Tahan air dan tidak korosi.
  4. Tidak merambatkan api.
  5. Tidak mudah rusak dan bisa dipakai berkali-kali.
  6. Mudah dibersihkan.
  7. Ramah lingkungan karena dapat didaur ulang.
  8. Tampilan bersih dan rapi.
  9. Permukaannya rata sehingga mudah dipasang iklan atau banner proyek.

Sedangkan kekurangan pagar jenis ini adalah biaya investasi awal yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pagar jenis lain seperti seng gelombang atau metal zincalume misalnya.

Meskipun karena material ini tidak mudah rusak dan bisa dipakai berulang kali secara jangka panjang akan menjadi ekonomis juga. 

Bagaimana Cara pemasangan pagar panel PPDU?

  1. Pagar panel PPDU dipasang menggunakan rangka dari besi hollow, jadi pertama perlu dipersiapkan rangka besi hollow 40x40 mm.
  2. Kemudian potong panel PPDU sesuai ukuran ketinggian pagar yang diinginkan.
  3. Selanjutnya pasang panel PPDU menggunakan clamp / bracket khusus untuk mengencangkan panel PPDU dengan rangka, sehingga tidak merusak fisik dari panel PPDU tersebut dan dapat di gunakan kembali untuk poyek selanjutnya.

Pagar Proyek PPDU bukan hanya menjaga keamanan proyek, tetapi juga berkontribusi pada lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan. 

Dengan keunggulan waktu pemasangan, efisiensi, dan kemudahan penggunaan, pagar ini menjadi solusi yang inovatif dan ramah lingkungan untuk proyek konstruksi masa depan.

Posting Komentar untuk "Mengenal Pagar Proyek Dari Panel PPDU"