Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Cat Dinding

Jika kita akan membeli cat dinding selain harus mempunyai gambaran tentang warna yang akan dipilih, kita juga harus memperkirakan jumlah kebutuhan material cat dinding yang dibutuhkan. Jika kita tidak menghitung perkiraan jumlah kebutuhan cat dinding, bisa jadi kita akan membeli material cat dalam jumlah yang terlalu sedikit atau malah terlalu banyak sehingga akan terbuang sia-sia.

Pada kesempatan ini rumahmaterial.com akan membahas tentang cara mudah menghitung kebutuhan cat dinding. Untuk menghitung kebutuhan cat dinding pertama kita harus menghitung luasan dinding atau plafond yang akan dicat. Setelah itu kita harus menentukan merek / produk cat apa yang akan digunakan, karena masing-masing cat memiliki volume kemasan dan daya sebar / coverage area yang berbeda-beda. 

Mengecat Dinding
Mengecat Dinding
Sebagai contoh misal cat Dulux memiliki kemasan galon 2,5 liter dan peil 20 liter, dan daya sebarnya sekitar 12 m2 / liter untuk pengecatan 1 lapis. Sementara cat Vinilex memiliki kemasan galon 5 kg dan peil 25 kg, dan daya sebarnya sekitar 9 m2 / kg untuk pengecatan 1 lapis. Mengetahui berapa daya sebar cat sangat penting untuk menghitung kebutuhan material cat yang digunakan.

Untuk dinding baru pengecatan biasa dilakukan sampai 3 lapis, tetapi untuk dinding lama atau pengecatan ulang mungkin cukup dilakukan pengecatan 2 lapis agar dapat menutup permukaan dinding dengan sempurna. Banyaknya lapis pengecatan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain :
  1. Mutu atau kualitas cat, semakin baik kualitas cat maka akan lebih mudah untuk menutup sempurna sehingga tidak membutuhkan lapisan cat yang banyak. Pastikan untuk menambahkan air atau mengencerkan cat sesuai dengan petunjuk pabrik. Jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer.
  2. Warna cat yang dipilih, jika kita melakukan pengecatan ulang dan memilih warna muda maka akan membutuhkan lapisan yang lebih banyak, apalagi jika pengecatan ulang dilakukan di atas warna tua. Sebaliknya jika kita melapis cat warna tua di atas cat warna muda maka akan membutuhkan lapisan yang lebih sedikit.
Sebagai contoh perhitungan : misalnya kita akan mengecat dinding rumah seluas 90 m2 menggunakan cat Dulux. Untuk dinding baru umumnya perlu dilakukan pengecatan sampai 3 lapis supaya dinding tertutup sempurna.

Kebutuhan material cat  = 90 m2 / ((12 m2 / liter) / 3)

= 90 m2 / (4 m2 / liter) 

= 22,5 liter 
Ditambah waste material 10% = 22,5 liter x 110%
Total kebutuhan material cat  = 24,75 liter 

Dari perhitungan di atas ternyata jumlah total kebutuhan material cat adalah 24,75 liter, maka kita bisa membeli cat Dulux kemasan 2,5 liter sebanyak 10 galon atau membeli kemasan peil 20 liter sebayak 1 peil dan kemasan 2,5 liter sebanyak 2 galon.

Dari contoh di atas semoga kita dapat melakukan perhitungan untuk memperkirakan jumlah kebutuhan cat yang akan kita beli, semoga bermanfaat...! 

Back To Top