Rumah Material

Info Produk Material Bahan Bangunan

Memilih Warna Yang Tepat Untuk Rumah Anda

Beberapa waktu lalu kami menerima kiriman katalog Inspirational Colour Schemes 2015 dari Lencote Paint isinya sangat bagus dan dapat memberikan kita inspirasi untuk beraneka ragam kombinasi warna yang serasi. Untuk membantu menentukan permainan warna dapat menggunakan lingkaran warna (color ring) seperti gambar di bawah ini yang terdiri dari kumpulan warna primer, sekunder, dan tersier.

Warna primer merupakan warna yang bukan merupakan campuran dari warna-warna yang lain, warna primer terdiri dari warna merah, biru, dan kuning. Warna sekunder merupakan warna yang terbentuk dari campuran 2 warna primer, warna sekunder terdiri dari warna orange, hijau, dan ungu. Sedangkan warna tersier merupakan warna yang terbentuk dari campuran warna primer dengan warna sekunder.
Lingkaran Warna (Color Ring)
Lingkaran Warna (Color Ring)
(Gambar : Lencote Inspirational Colour Schemes 2015)
Skema warna yang paling sering digunakan bisa dipilih dari 4 macam jenis seperti terlampir pada gambar di bawah ini yaitu :
  1. Monochromatic, pilih satu warna dengan kombinasi shade, tone, tint untuk mendapatkan skema warna sederhana berdasarkan terang gelapnya. Contoh : kombinasi antara ungu terang, ungu, dan ungu gelap.
  2. Analogous, pilih warna primer atau sekunder dengan dua warna tersier. Pilih warna-warna yang bersebelahan membentuk sudut 90''pada lingkaran warna. Contoh : kombinasi antara biru, biru ungu, dan ungu.
  3. Triadic, pilih tiga warna yang berjarak sama pada lingkaran warna. Contoh : kombinasi antara kuning orange, biru hijau, dan merah ungu. Pilih satu warna dominan dengan dua warna pendukung untuk hasil terbaik.
  4. Complementary, pilih dua warna yang berhadapan lurus pada lingkaran warna. Contoh : kombinasi antara biru dan orange.
Setelah diputuskan skema warna yang dipilih barulah kita dapat menghitung berapa jumlah cat yang dibutuhkan, untuk caranya jangan lupa simak artikel Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Cat Dinding.

Skema Warna (Color Schemes)
(Gambar : Lencote Inspirational Colour Schemes 2015

Demikianlah pengenalan skema warna yang dapat dipilih untuk warna rumah anda dari Lencote Paint. Semoga dapat memberikan inspirasi dan membantu anda menentukan kombinasi warna yang serasi untuk rumah anda.

Back To Top