Ketahui Tips Memilih Lokasi Perumahan Bebas Banjir

Rumah Di Kingspoint Residence

Mempunyai rumah idaman tentu menjadi Impian banyak orang. Salah satu faktor dalam pemilihan rumah dan lokasinya ialah yang bebas banjir. Hal ini biasanya sangat diperhatikan bagi Anda yang ingin memiliki rumah yang berada di kawasan rawan banjir.

Anda tidak perlu khawatir karena kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai tips-tips memilih lokasi perumahan bebas banjir, salah satunya di Kingspoint Residence. Daripada berlama-lama, lebih baik langsung simak ulasannya berikut ini.

Tips Memilih Lokasi Perumahan Bebas Banjir

Sebelum membeli atau menyewa rumah, banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh Anda. Selain tipe rumah, jarak dari rumah ke kota, atau biaya, lokasi keberadaan perumahan yang dituju tentu menjadi bahan pertimbangan. Di bawah ini merupakan beberapa tips untuk Anda memilih lokasi perumahan bebas banjir.

1. Cek Lokasi Rawan Banjir

Pertama, yaitu cek lokasi rawan banjir. Untuk kota tertentu biasanya mempunyai wilayah yang rawan bencana alam seperti banjir. Membeli atau menyewa rumah di kawasan ini tentu memiliki banyak pertimbangan.

Untuk bisa mendapatkan rumah yang bebas banjir, pastikan Anda mencari tahui lokasi rawan banjir di daerah tempat perumahan berada. Untuk mendapatkan informasi ini, Anda bisa bertanya pada kerabat, atau melalui media sosial dan internet.

Di samping itu, Anda juga bisa menelusuri langsung ke kawasan perumahan tersebut untuk melihat secara langsung seperti apa kawasan perumahannya, track perjalanannya dan struktur atau kontur tanahnya.

2. Hindari Daerah Dekat Sungai atau Resapan Air

Tips berikutnya yaitu hindari daerah dekat sungai atau resapan air. Perlu Anda ketahui perumahan yang  berada di dekat sungai besar sangat berpotensi mengalami banjir saat musim hujan. Hal ini dapat dilihat saat musim hujan yang kebanyakan air sungai akan meluap.

Hal tersebut tentu tidak diinginkan, bukan? Maka dari itu, sebaiknya Anda hindari perumahan yang berlokasi di dekat sungai, atau sumber air lainnya. Hindari pula kawasan yang terletak di dekat bendungan. Banyak kasus terjadi kebanjiran akibat tanggul jebol.

3. Periksa Kondisi Geografis

Untuk melihat potensi terjadinya banjir di suatu wilayah tempat tinggal, Anda bisa melihat atau memeriksa kondisi geografis wilayah sekitarnya. Ada beberapa hal yang menandakan sebuah wilayah berpotensi rawan banjir, sebagai berikut.

  • Lokasi perumahan atau tempat tinggal dekat dataran rendah.
  • Lokasi perumahan atau tempat tinggal dikelilingi perbukitan dengan sistem air yang sempit.
  • Lokasi perumahan atau tempat tinggal berada dekat aliran sungai yang berdebit besar.
  • Akses jalan rusak.
  • Lokasi perumahan atau tempat tinggal minim ruang terbuka hijau dan tidak ada daerah resapan air khusus.

4. Perhatikan Kondisi Fisik Rumah

Tips memilih perumahan bebas banjir selanjutnya ialah perhatikan kondisi fisik rumah. Apabila Anda membeli rumah second, maka pastikan kondisi fisik rumah dalam keadaan baik.

Perhatikan dan periksa bagian dinding, atap, dan bagian lainnya yang mungkin memiliki tanda-tanda bekas terkena banjir. Apabila ditemukan tanda bekas banjir, maka sebaiknya urungkan niat Anda untuk membeli rumah tersebut walaupun harganya pas dengan budget Anda.

Tentu mencegah akan lebih baik daripada saat sudah terjadi. Dari kondisi rumah yang memiliki tanda-tanda bekas banjir, sudah dapat dipastikan rumah tersebut pernah terkena banjir.

5. Melihat Rekam Jejak Developer Perumahan

Tips terakhir yang dapat dilakukan yaitu dengan melihat rekam jejak developer perumahan. Ada sejumlah perumahan yang pernah terkena banjir, namun developer perumahan masih bisa mengatasi masalah tersebut agar kejadian yang sama tidak terulang kembali.

Untuk mengetahui rekam jejak developer, Anda bisa memeriksanya melalui internet, Anda juga akan mendapatkan informasi seputar area perumahan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa melakukan survey sederhana secara langsung ke warga setempat untuk bertanya seperti apa kondisi perumahan tersebut secara umum.

Perumahan Bebas Banjir di Kingspoint Residence

Dari uraian di atas Anda sudah mengetahui beberapa tips memilih perumahan bebas banjir. Ada banyak faktor pertimbangan saat seseorang akan membeli atau menyewa rumah. Sebab, rumah adalah investasi jangka panjang yang tidak sembarangan dalam memilihnya.

Kingspoint Residence ialah salah satu perumahan terbaru yang hadir di kota Bekasi dengan konsep Eksklusif Private Cluster. Perumahan ini mempunyai kualitas terbaik, privasi, dan penghuni fasilitasnya yang dilengkapi dengan beragam infrastruktur.

Area perumahan Kingspoint Residence juga diklaim bebas banjir dan memiliki ruang terbuka hijau yang dapat berfungsi sebagai area resapan air. Beberapa kelebihan yang dimiliki Kingspoint Residence ialah sebagai berikut:

  • Keamanan 24 jam
  • Private community
  • Kolam renang
  • CCTV 24 jam
  • Club house
  • Underground utilities

Kingspoint Residence juga mempunyai beberapa tipe rumah yang bisa dipilih oleh Anda sebagai calon penghuni.

  • Amarylis 171
  • Bougenville 160
  • Camelia 135
  • Camelia 99
  • Camelia 88
  • Commercial Area

Sejumlah fasilitas umum yang ada di area Kingspoint Residence dapat digunakan oleh penghuni dan tidak dibuka untuk umum. Anda bisa menikmati beragam fasilitas seperti kolam renang dan sport club untuk mengisi waktu luang Anda di akhir pekan.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung menghubungi tim customer service kami melalui website resmi Kingspoint Residence.

Posting Komentar untuk "Ketahui Tips Memilih Lokasi Perumahan Bebas Banjir"