Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kaca Insulated Glass

Kaca Insulated Glass / Double Glazing
Komponen Kaca Insulated Glass / Double Glazing

Rumahmaterial.com - Jika kita kadang merasa tidak nyaman karena panas dan kebisingan dari luar yang masuk ke rumah, maka kita dapat mempertimbangkan penggunaan kaca insulated glass pada jendela. 

Apa Itu Kaca Insulated Glass? 

Kaca insulated glass atau sering disebut kaca double glazing merupakan kaca yang terbuat dari gabungan dua lembar kaca yang dipisahkan oleh spacer bar sehingga tercipta ruang di antara dua lembar kaca tersebut. 

Ruang tersebut bersifat kedap udara dan memiliki kelembaban yang rendah, sehingga saat kaca insulated glass dipasang di suatu ruangan dapat menyebabkan ruangan tersebut kedap suara dan terjaga suhu ruangannya. 

Dari gambar di atas komponen kaca insulated glass / double glazing adalah :
  1. Glass 1 dan 2, lapisan kaca sisi dalam dan sisi luar jendela.
  2. Primary Seal, yang berperan untuk menahan agar kelembaban tidak masuk ke ruang di antara kedua lembar kaca. Biasa menggunakan material PIB (Poly Iso Butylene).
  3. Aluminium Spacer, untuk memisahkan lapisan kaca 1 dan 2 dan menciptakan ruang di antara kedua lembar kaca tersebut. Didalamnya diisi dengan desiccant yang menyerap kelembaban.
  4. Secondary Seal, berperan untuk menyatukan kedua lembar kaca  menjadi satu kesatuan. Untuk secondary seal bisa menggunakan bahan polysulphide, polyurethane, dan silicone.

Apa saja jenis kaca insulated glass? 

Komponen kaca yang digunakan untuk membuat kaca insulated glass antara lain : 
  1. Kaca clear biasa 
  2. Kaca safety / kaca tempered 
  3. Kaca reflective dan kaca panasap 

Apa Saja Kelebihan Kaca Insulated Glass? 

  1. Pada saat panas, membantu mengurangi panas dan radiasi matahari yang masuk melalui jendela. Pada saat suhu di luar rumah dingin, maka akan menjaga suhu rumah tetap hangat. 
  2. Secara tidak langsung akan mengurangi biaya untuk penggunaan AC. 
  3. Kaca insulated bisa mengurangi kebisingan yang masuk ke rumah sampai 50%. Kemampuan meredam kebisingan ini sangat dipengaruhi oleh ketebalan komponen kaca yang digunakan. 
  4. Menambah faktor keamanan, karena kaca insulated glass ini sangat kuat. Jika kita menginginkan keamanan yang lebih baik lagi, kita dapat menggunakan kaca tempered pada komponen kaca insulated glass. 
Simak juga artikel sebelumnya tentang Mengenal Material Kaca Tempered.

Apa Kekurangan Kaca Insulated Glass? 

  1. Harga relatif mahal jika dibandingkan kaca biasa. 
  2. Karena merupakan salah satu produk khusus maka kadang tidak tersedia di semua suplier / toko kaca. 

Dimana Penggunaan Kaca Insulated Glass? 

Kaca jenis ini bisa digunakan pada kusen aluminium, kayu, atau UPVC. Kaca insulated glass atau kaca double glazing baik untuk diaplikasikan pada jendela rumah tinggal, apartemen, studio musik, hingga gedung perkantoran. 

Demikian ulasan singkat rumahmaterial.com tentang Kaca Insulated Glass, semoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Mengenal Kaca Insulated Glass "