Cara Mudah Menghitung Biaya Listrik Peralatan Elektronik Di rumah Kita

Rumahmaterial.com - Biaya listrik merupakan salah satu pengeluaran bulanan rumah tangga yang bernilai cukup besar. Selain dari tarif dasar listrik (TDL), besarnya biaya listrik tergantung dari pemakaian energi listrik itu sendiri.

Biasanya biaya listrik menjadi besar karena adanya alat elektronik dengan konsumsi energi listrik besar dan pemakaian yang lama, misalnya unit AC.

Sebagai contoh misalnya di rumah kita ada unit AC dengan konsumsi daya listrik 600 watt dan dipakai 12 jam setiap harinya.

Pemakaian daya listrik = 600 watt x 12 jam x 30 hari = 216.000 watt-jam atau watt-hour (Wh) atau jika dalam satuan kWh = 216.000 wh / 1000 = 216 kWh.

Tarif Listrik PLN

Dari tabel di atas didapatkan bahwa per Juli 2023 harga tarif dasar listrik PLN untuk golongan rumah tangga (R1) dengan batas daya 2200 VA adalah 1.444,7 / kWh.

Maka biaya listrik untuk unit AC tersebut saja = 216 kWh x Rp. 1.444,7 / kWh = Rp. 312.055,- setiap bulannya. Ternyata cukup besar juga ya biaya listrik untuk unit AC pada contoh di atas. 

Untuk tarif dasar listrik dan lama pemakaian yang sama maka akan sangat membantu mengurangi biaya listrik jika kita menggunakan unit AC dengan konsumsi daya yang lebih kecil, misalnya dengan kapasitas yang sama tetapi menggunakan tipe low watt.

Simak juga artikel : Pilih Mana AC split Wall Standar, Low Watt, Atau Inverter?

Dengan mengetahui cara menghitung biaya listrik peralatan elektronik kita akan menjadi lebih bijaksana dalam mengelola penggunaan listrik di rumah kita . 

Jika kita memahami berapa banyak listrik yang kita gunakan, kita dapat mengidentifikasi peralatan yang memakan banyak daya dan mencari cara untuk menghemat energi. 

Selain itu, menghitung biaya listrik juga membantu kita dalam perencanaan keuangan, sehingga tagihan listrik tidak melebihi anggaran bulanan.

Ada juga beberapa tips hemat energi yang bisa kita terapkan di rumah untuk mengurangi tagihan listrik bulanan, antara lain:

  • Matikan lampu dan peralatan yang tidak digunakan.
  • Gunakan lampu LED yang lebih efisien.
  • Periksa kebocoran pada kulkas dan pastikan suhu setting-nya sesuai.
  • Bersihkan filter AC secara berkala.
  • Matikan peralatan elektronik dengan tombol off, bukan standby.
  • Kurangi penggunaan AC dan gunakan kipas angin sebagai alternatif.

Demikian cara mudah untuk menghitung biaya listrik peralatan elektronik yang dapat rumahmaterial.com sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menghitung Biaya Listrik Peralatan Elektronik Di rumah Kita"